Thursday, October 2, 2014

PUKIS BULAT

Rada sedikit beda dari foto diatas. Pengen punya tagname yg nyambung sama link blog ini, nandangwuyung yg artinya jatuh cinta dalam bahasa jawa. Isi blognya kebanyakan tentang makanan. Apa yaaahh? Jd skrg nyobain aja deh pakai love of taste, editingnyapun masih sederhana, gak bisa ngedit tepatnya hahaha.. Untuk selanjutnya dipakai terus? hihihi.. Belum tau :D

Okeehh, back to topic! ini adalah pukis. Karena gak punya cetakan pukis, pakai cetakan kue lumpur saja, jadinya bulat :D. Bikin ini sebenernya udah lama, gara-gara mbak Lina yg posting pukis kok cantik banget, menul-menut. Trus dapat resepnya pas bbm mbak Yuli Abhistawa. lhok kok? haha.. waktu itu belum punya bbmnya mb lina hihihi. Jadi resep ini dapat dari mbak Yuli, mbak Yuli dapat dari mb Lina dan mbak Lina dapat dari google. hahaha.. Mbulet ujung-ujungnya gak tau ini resepnya siapa. Yg merasa punya resep ijin copas yaa.. ;) Makasiihhh..

Resepnya cukup mudah, tinggal aduk pakai wisker. Cairannya pakai santan dan susu cair, hasilnya jadi lembutt enak walaupun sudah dingin tetep empuk. Tapii, hasilnya sedikit, kalau buat jualan harga jual jadi tinggi. Laku kalau di jual mahal? hihihi. Tapi kalau pakai cetakan kue lumpur ini ya jadi banyak, kecil-kecil soale, beda dengan pakai cetakan pukis yg asli hehe

PUKIS BULAT
sumber: NN - Google 

Bahan:
150gr tepung terigu protein sedang
1sdt ragi instan
1/2sdt garam
100gr gula
100ml santan
100ml susu cair
1butir telur
1sdm margarin (sekitar 15gr)
1sdm minyak goreng
1/4sdt baking powder

Topping:
keju
almond
chocochip

Cara:
Campur tepung terigu, gula, garam dan ragi instan, aduk rata. Sisihkan.
Di wadah lain, campur santan, susu dan telur, aduk rata.
Tuang ke dalam campuran tepung, aduk pakai whisker biar gak brigindil.
Masukkan margarin yg dilelehkan dan minyak goreng. Aduk rata.
Tutup wadah dan diamkan selama 30menit.
Panaskan cetakan.
Masukkan baking powder, aduk rata.
Tuang dalam cetakan, 3/4tinggi cetakan saja, tutup, saat hampir matang tabuti topping. Tutup kembali dan biarkan matang.
Oia, pakai api kecil yaa,, biar gak gosong hehe..
Angkat dan siap di sajikan.

Hasilnya nyempluuukkk.. seratnya bagus.. dan rasanya juga gurih, ya iya lah.. udah pakai santan pakai susu pula hihihi. Hasilnya jadi sekitar 15pcs dengan cetakan kue lumpur atau snack maker ukuran 7cm.

4 comments:

  1. aku punya cetakannya malah belum tak pakai mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb Ivonie, di bikin hadiah give away saja, trus dimenangkan oleh saya hahaha.. #ngarep

      Delete
  2. Wuiiihhh... fotonya makin keren aja nih si teteh...
    Menggambarkan enaknya kue itu...

    *ngerayu....
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. hayuk coba bikin sendiri, pasti makin enak.. hihihi
      makasih, mbak Lina.. masih terus belajar foto ini :)

      Delete