Friday, March 21, 2014

PUFF PASTRY

Lagi jingkrak-jingkrak kegirangan karena berhasil bikin pastry sendiri! yey yey yey!! #lunjak_lunjak 
Mbahmud sudah berkenan hadir di rumah ini, jadi saya bisa berkreasi lagi. Setelah pagi bikin Kaki Naga, sorenya nguplek tepung lagi jadi puff pastry. Setiap kali ke TBK selalu megang puff pastry kemasan tp selalu saya urungkan untuk membelinya. Karena apa? kok mahal banget sih. Maklum kantong cekak. hihihi.

Awalnya dulu pengen bikin France croissant yang pakai ragi instan dan dikulkasin dengan waktu yang cukup lama. Hauuhhh.. sanggupkah saya? hihihi. Bahan-bahan sebenernya sudah ada, tinggal eksekusi aja. Tapi masih maju mundur. Akhirnya beranjak juga untuk menggunakan margarine
pastry yang anteng tak tersentuh hehe. Dan ada pisang yang beberapa hari lalu beli di ibu sayur, hanya berkurang beberapa biji saja untuk di goreng krispi dan di makan begitu saja sama si Bapak dan Akilla. Daripada keburu kulitnya menghitam dan membusuk, segera di berdayakan deh. Bikin apa? Pisang Bolen! Let's go!


Baca-baca resep teman-teman foodblogger rata-rata tepungnya 500gr, pakai telor dan margarine pastrynya 200gr - 250gr. Banyak amat.. sapa pula ntar yang habisin. Wong ini hanya uji coba hehe. Dan pastry yang saya pernah makan itu pasti meninggalkan rasa "berlemak" di langit-langit mulut. Asumsi saya itu karena pastry margarine atau umumnya disini nyebutnya corvette (baca, korvet) yang banyak di pakai. Memang sih dengan banyaknya corvette yang digunakan akan membuat lapisan yang berlapis-lapis dan rapuh yang bikin "krreessshh". Baiklan saya coba utak atik sendiri. Corvettenya saya pakai lebih sedikit. Dan saat bikin adonan dan sudah didiamkan 30menit, Akilla buka kulkas mainin telur. Eeeehhh, tadi lupa telurnya wakakakak. Lanjutin dah, seperti apa jadinya nanti ^^

PUFF PASTRY
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr tepung terigu protein tinggi
1/2sdt garam
1sdm gula pasir
100ml air
1sdm margarine
80gr margarine pastry/corvette

Isian:
Pisang tanduk
Meses
Keju
Kacang
Gula

Olesan:
Susu Kental manis di encerkan dengan sedikit putih telur

Cara:
Campur tepung terigu, gula dan garam.
Tuang sedikit demi sedikit air, uleni sampai tercampur semua. 
Masukkan margarine. Uleni sampai kalis.
Bulatkan, bungkus plastik warp. Diamkan 30menit.
Sementara itu, gilas pastry margarine membentuk persegi panjang. Sisihkan.
Setaleh 30menit, gilas membentuk persegi panjang. 
Letakkan pastry margarine di atas adonan tepung di 2/3bagiannya.
Lipat 1/3bagian atas dan lipat lagi 1/3bagian bawah.
Gilas lagi membentuk persegi panjang.
Ulangi beberapa kali, saya tadi 5kali.
Step by stepnya seperti ini,

Hihihi, bonus tangan mungilnya si Akilla :D

Dan saat nggilas ini makin lama makin berat. Butuh tenaga lebih hihihi. Kalau dirasa adonannya lembek, bisa dibungkus plastik warp dan masuk kulkas beberapa saat, sambil ambil nafas lah.. istirahat sebentar. hehe.. Tapi kalau mau lanjut ya gak masalah. Tadi saya lanjut saja, biar cepet selesainya.

Setelah itu digilas tipis, kira-kira 0,5cm, potong-potong sesuai selera.
Saya tadi bikin bermacam-macam isian, biar bervariasi dan nyoba berbagai bentuk hehe.
Untuk pisang bolen, saya potong persegi panjang, diisi meses dan pisang, gulung.
Untuk stik keju, berhubung gak punya keju batangan, jadi pakai keju lembaran, saya potong memanjang dan ditumpuk 3. Kemudian dililiti oleh puff pastrynya.
Untuk isian gula kacang, puff pastrynya di potong kotak, isi, lipat segitiga, rekatkan.
Dan sempet juga bikin seperti croissant tp kecil hihihi.. Diisi keju. Cuma ingin tau saja seperti apa menggulung si croissant itu. Ternyata begini. Tapi berhubung mini, jadi gak kelihatan setiap tumpukan lilitannya. Next project deh pokoknya #kalau gak malas hihihi

Siapkan loyang yang telah di oles margarin tipis-tipis. Tata dalam loyang, beri jarak. Oles dengan bahan olesan, taburi keju untuk pisang bolennya. Tapi saya lagi gak punya keju batangan, jadinya keju lembaran saya potong kecil-kecil buat taburan.
Oven selama 30-45menit api agak besar. (sekitar 190 - 200C)
Angkat dan dinginkan.

Woalaaaaaaaa.. kkrreeeessshhh kkreeeeessshhh!! lapisannya terlihat dan rapuh! Yes! berhasil! hihihi
Gigitan demi gigitan sampai habis, di mulut ternyata gak terasa "berlemak". Horaaayyy!!
Dan walaupun tanpa telur tenyata tetep mengembang. Malah menurutku lebih enak, tanpa telur, margarine pastrynya lebih sedikit, tp hasilnya bisa kreesshh dan rapuh layaknya puff pastry umumnya.

Dan ini hasilnya, 
  • Isi gula kacang

  • Pisang Bolen

  • Stik Keju

Ya sudah, dengan hasil yang menurut saya sukses, saya gak liat-liat lagi puff pastry di TBK. Bikin sendiri saja, cukup siapkan tenaga saja hehe.

Kreeeessshhh kreeesshh!! :D

2 comments:

  1. wah senang sekali liat makanannya sukses berlapis, jadi kepengen coba praktek. soalnya aku juga tau suka dukanya bikin adonan supaya berlapis lapis tuh susah banget mba,,,,

    ReplyDelete