Friday, March 21, 2014

Kaki Naga

Seneng banget setiap lihat postingan mbak Diah Didi di www.diahdidi.com. Bukan hanya cake yang di posting, tp jajanan harian dan masakan harian. Yang paling seneng sih masakan hariannya itu. hehe.. Buat inspirasi. Apalagi buat makanan si Akilla. Kalau emak bapaknya mah apa aja masuk. Eh enggak juga sih, bapaknya juga rewel masalah makanan. Tapi apa yang saya masak ya dia makan. Gak ada yang lainnya soale. hihihi.. Kalau Akilla sih gak pernah rewel masalah makan. Cuma kadang bosan aja yang dimakan muter itu-itu aja. Tetep dimakan, tp gak bisa sebanyak makanan yang dia suka. Dan websitenya mbak Diah Didi ini membantu banget. Thanks banget, mbak :)

Begitu juga makanan satu ini, dapat resep dari web tersebut. namanya Kaki Naga, lucu ya namanya. Padahal gak ada mirip-miripnya sama kaki naga. Eh gak tau juga ding, wong saya gak pernah tau seperti apa naga sebenarnya, taunya cuma di film kartun doang hihihi. Nontonnyapun bareng Akilla :D. Dan saya gak tau seperti apa sebenarnya rasa kaki naga yang biasa di jual-jual itu karena gak pernah beli. Yang pasti bikinan saya ini Akilla sekali makan habis 3tusuk hihihi. Itu saja sudah bikin senang :)

Beli ikan tengiri sebenarnya mau buat siomay, tapi ternyata belum beli kulit pangsitnya. Otomatis langsung masuk freezer. Dan hari ini kebetulan di ibu sayur kok gak ada yang tertarik untuk di beli, cuma beli tahu dan kecambah aja. Mau bikin apa pula. Entahlah, masuk kulkas aja dulu. Buka freezer inget ada ikan tengiri. Okehdeh, di tawing dulu deh. Untuk jenis ikan begini tawingnya gak begitu lama. Cuma kali ini gak punya udang, adanya udang rebon kering. Inget! udang rebon kering bukan ebi! Ntar saya di bombardir lagi karena salah menyebutkan jenis udang seperti pada postingan rempeyek ebi. Wong saya ini gak tau kalau itu namanya rebon. Saya taunya ya ebi dan urang gremut, karena disini nyebutnya begitu. Jadi, diresep mbah diah didi saya skip udangnya.





Dan ini resep dari mbak diah Didi.

KAKI NAGA
by: Diah Didi
Modif by Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr fillet ikan tengiri, haluskan
50gr udang, haluslan (saya gak pakai)
100gr tepung sagu (saya 50gr)
50gr tepung panir halus (saya pakai tepung panir kasar/pangko, gak punya yang halus)
2butir putih telur (saya pakai 100ml)
2siung bawang putih, haluskan
2sdt gula pasir (saya 1sdt)
garam (saya 1,5sdt)
1/2sdt merica bubuk (tambahan dari saya)
1/4sdt pala bubuk ((tambahan dari saya))
1/2sdt minyak wijen (tambahan dari saya) -- tetep pengen ada sensasi siomaynya hihihi
1sdm munjung udang rebon yang sudah disangrai dan di haluskan

Pelapis:
putih telur
tepung panir kasar

Cara:
1. Uleni fillet tengiri dan udang beserta bumbu-bumbu sampai tercampur rata. Masukkan putih telur. Aduk rata.
(kalau saya,  ikan tengiri, bawang putih halus, udang rebon dan bumbu yang lain saya masukkan chopper dan giling sampai tercampur rata. Masukkan putih telur. Giling lagi. Pindahkan dalam wadah lain)
2. Masukkan tepung panir dan tepung sagu. Aduk rata saja, jangan diuleni, nanti keras hasilnya :D
(nah punya saya ternyata terlalu kering, mungkin karena pakai tepung panir kasar, jadi saya tambah 50ml air es)
3. Tes rasa dengan cara goreng sedikit adonan. Dirasa sudah pas, lilitkan dan bulatkan pada stik bambu.
(kalau saya, stik bambunya pakai tusuk sate, kemudian saya potong jadi 2)
Oia, biar tidak lengket, beri sedikit minyak pada telapak tangan. Dan biar lebih mudah melilitkan pada stik bambu, buat bulatan-bulatan dan lonjongkan, baru tusuk dengan stik bambu dan rapikan. Dengan cara seperti ini menurut saya lebih mudah dan lebih cepat.
4. Celupkan ke putih telur dan gulingkan ke tepung panir kasar. Lakukan sampai habis.
5. Jika ingin dikonsumsi langsung, bisa langsung di goreng dengan minyak yang banyak, jd tercelup semuanya, api kecil saja ya.. biar matang sampai dalam. Tapi kalau pengen lebih awet bisa dikukus dulu sekitar 10-20menit. Dinginkan, masukkan dalam wadah tertutup dan masuk freezer. Sewaktu-waktu pengen makan, goreng deh.
Saya tadi separug saya goreng langsung dan separuhnya saya kukus dulu. Cara ngukusnya, stiknya dimasukkan pada lubang sarangan dandang, jd posisi berdiri gitu, biar bentuknya masih bagus, gak penyok tertindih-tindih. Eh tapi, tetep saja punya saya masih penyok penyok karena gak bisa serapi bikinan mbak Diah Didi. hehe



Dimakan sama saus tomat/sambal makin enak.. nyuummm..

Dan thanks so much buat mb Diah Didi ^^

2 comments:

  1. waaa cantiiiik....^^ pengen ah nyobain :) makasih sharingnya mbak ^^ dan salam kenaaal ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, mbak Puji #hehe sama ya namanya :D
      cobain, mbak.. enak.. di gadoin juga enak, di cocol saus tomat hehe..

      Delete