Thursday, December 19, 2013

Tahu Isi Sayur

Hujan hampir setiap hari turun. Pengennya makan makanan yang anget-anget mlulu. Kalau dulu sih seneng beli gorengan di gerobak pinggir jalan. Tapi sejak Akilla udah bisa makan macem-macem, dia ikutan makan. Gak banyak sih, hanya 1/2 potong tempe goreng tepung. Tapi besok harinya langsung batuk. Kapok deh mau beli gorengan lagi. Sekarang sering bikin sendiri, walau hanya semacem sih, gak bisa bermacem-macem seperti di abang gorengan hihihi.. Kadang bikin tempe goreng tepung atau mendoan, kadang juga tahu isi sayur.


Nah, kali ini saya bikin tahu isi sayur. Kalau keluarga saya sih nyebutnya hanya tahu isi aja. Daripada ntar ada yg tanya, tahu isi apa? hihihi.. sekalian aja jelasin isinya sayur. hehe


TAHU ISI SAYUR
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
10 buah tahu kopong (sudah matang, beli di pasar atau tukang sayur pasti bawa)
250gr wortel, iris korek api atau di serut kasar
100gr tauge/kecambah
3siang bawang putih, cincang
1/2 bagian bawang bombai, potong-potong
2 batang daun bawang, iris-iris
2 batang seledri, iris-iris
garam
merica bubuk
gula
saus tiram
3sdm munjung tepung terigu
2sdm munjung tepung beras
air

Cara:
Tumis bawang putih dan bawang bombai, masukkan wortel. Tuang sedikit air. Tunggu sampai agak layu. Masukkan kecambah. Bumbui dengan garam, merica, gula dan saus tiram. Tumis sampai matang. Cicipi.
Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata. Matikan api. Sisihkan.
Belah bagian atas tahu kopong, isi dengan sayur. Lakukan sampai tahu habis.
Campur tepung terigu dan tepung beras. Tuang sisa air dalam tumisan sayur. Tambahkan sedikit garam, cuma buat makan terasa aja gurihnya (karena bumbunya sudah asin kan? :) )
Buat adonan tepung untuk lapisan tahu isi sebelum di goreng, jangan terlalu encer atau terlalu kental, jd airnya di kira-kira saja.
Celup tahu yg sudah diisi sayur ke adonan tepung.
Goreng dengan minyak banyak dan panas. Jangan terlalu kecil ya apinya, biar gak nresep minyak.
Bila sudah kuning kecokelatan, angkat. Siap disajikan.
Pas banget sambil nyeplus cabe.. kress.. pedeeesss enaaakk.. :D

Lumayan buat cemilan sendiri di kala rintikan hujan dengan biaya yg murah meriah. Itu tadi cuma beli tahu kopong seribu, wortel seribu dan kecambah seribu. Tepung-tepungan sudah ada, bumbu-bumbunya sudah ada. Jadi, cm keluar duit 3rb rupiyaahh saja. Hehehe.. Kalau beli di abang gorengan cuma dapat 3-4 biji tuh.. hihihihi

1 comment: