Monday, December 16, 2013

Ayam Gulung Isi Sayur

Lagi mulai malas untuk menulis nih.. hiks.. Foto banyak ngendon di file, gak di upload-upload. Salah satunya ayam gulung isi sayur ini. Dan saya tuliskan saat ini kebanyak foto-foto beberapa hari yang lalu, bahkan beberapa minggu yang lalu. hihihii.. Dan makanan yg dihidangkan adalah makanan yg ala kadarnya banget sesuai apa yg ada di kulkas. Bukan karena apa, tapi entah tukang sayur yang biasanya bawa ikan macem-macem kok ya cuma adanya itu-itu aja. Begitupula persediaan tepung yg menipis. Biasanya setiap bulan beli di TBK, dan mungkin hanya kurang sedikit baru beli di warung sebelah rumah. Nah bulan ini kok ya pas gak ke TBK sama sekali. Beli di warung deket rumah, kok ya ndilalah lagiiii.. persedian tepung di warung tersebut lagi kosong setiap kali kesana, bakulnya lupa kulakan katanya.. hihihi.. Cara jitu untuk berhemat ini, menahan bikin ini itu karena tidak ada tepung hahaha..

Okey, back to ayam gulung isi sayur aja yaa.. hihi.. Ini juga hanya memanfaatkan 250gr daging ayam bagian dada, kacang panjang dan wortel yang ada di kulkas. Mau di masak apa? Hmmm.. Biarlah bikin kesukaan si Akilla aja, wong ya si bapak paling makan cuma malam aja. Jadinya ayam nya di bikin ayam gulung isi sayur, di cocol sama saus tomat/sambel dan mayonaise. Makan malamnya ntar beli aja hihihiii




Ayam Gulung Isi Sayur
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr daging dada ayam. Belah menipis, jadi 2 lembar.
wortel di potong panjang, rebus
kacang panjang, rebus
Air jeruk nipis
Garam
Merica
Telur
Tepung panir

Cara:
Lumuri daging ayam dengan jeruk nipis.
Bumbui dengan garam dan merica. Diamkan beberapa saat.
Sementara itu sambil merebus wortel dan kacang panjang. Bisa pula di ganti dengan sayuran yg lainnya. Sisihkan.
Ambil selembar daging ayam, isi dengan wortel dan kacang panjang. Gulung.
Celupkan ke kocokan telur. Gulingkan ke tepung panir. Kepal-kepal supaya tidak lepas gulungan ayamnya. Lakukan 2x untuk hasil luar yg krispi.
Lalukan serupa untuk lembaran ayam satunya.
Diamkan 15menit di kulkas, agar tepung panir tidak mudah rontok saat menggoreng.
Goreng dengan api sedang cenderung kecil sampai ayam matang dan kuning kecokelatan. Tiriskan.
Potong-potong, dan siap di cocol dengan saus tomat/sambal dan mayonaise.


Mudah kan? Dan Si kecil pasti suka ^^

No comments:

Post a Comment