Wednesday, November 20, 2013

Udang Goreng Kremes

Setelah tadi siang baca-baca blognya mbak Diah Didi, dan lagi update resep kremesan. Duuh, tadi pagi niatnya mau masak yg simpel aja untuk makan malam. Tumis kangkung campur dengan udang. Sama goreng tempe dan sambel bawang. Udah gitu aja, gak perlu lama-lama ngadep kompor. Eaaahh.. kok ya kepincut pengen juga bikin kremesan. Dan akhirnya udang dibikin sasaran percobaan bikin kremesan. Hehe


Resep paten dari mb Diah didi cuma 3:1 antara tepung tapioka dan tepung beras. Jadi aku tadi pakai 3sdm makan tepung tapioka dan 1 sdm tepung beras di campur dengan 250ml air. Aku bumbui dengan kaldu ayam, garam, merica dan gula. Untuk takarannya,
1/4sdt kaldu ayam
1/2sdt garam
sedikit merica bubuk
sedikit gula pasir.

Langsung campur semua deh jadi satu. Untuk ngetes rasa, aku coba goreng sesendok dulu dengan minyak banyak dan panas. Cicipi, dirasa sudah pas ya lanjutkan menggoreng. Karena rasa asin/tidaknya ini tergantung selera ya.. :)
Oia, udangnya udah aku rendam bumbu bawang putih halus dan merica, garam.
Celupkan di larutan tepung kremesan. Ambil sesedok makan (didalamnya udah ada udangnya) dan goreng. Saya lakukan sekali goreng 3-4sendok makan, jadi berbentuk seperti rempeyek. hehehe.. cuka kreess kreesss.. Akilla aja seneng maemnya.. :)

Hasilnya tidak secantik punya mb Diah Didi. hehe. Cuma buat yg gak suka dengan gorengan, terutama yg berminyak, sepertinya bikin kremesan ini bukan jadi pilihan deh, karena butuh minyak banyak dan menyerap minyak. Walaupun sudah ditiriskan di tisu dapur, tp masih berasa minyaknya. Kalau saya, asal sesekali aja gak masalah lah.. Dan yg paling penting, habis makan ini langsung minum air putih. Seger lagi deh tenggorokannya. Dan cara ini yg saya terapkan ke Akilla. Namanya juga anak kecil pasti suka banget yg namanya krupuk dan sejenisnya. Kalau dirumah sih aku pasti goreng kerupuk sendiri, jadi minyak masih bersih. Tapi kalau lagi main ketetangga, kan ya kadang ada yg ngasih kerupuk, masa ya kita nolak. Gak enak lah sama tetangga tersebut. Tapi abis itu tak gelontor minum air putih yg banyak. hahaha..
Tp Akilla ngerti, abis maem krupuk/makanan berminyak pasti minum air putih yg banyak. Karena pernah makan gorengan yg beli di abang-abang penjual gorengan, abis itu langsung batuk. Dan sampai sekarang kalau ada yg ngasih gorengan, dia selalu bilang, "nanti batuk ya, Ma"  Hihihi.. Jadi dia kapok kali ya.. Dan kalau bikin sendiri dirumah, ya itu dia andalannya, minum air putih yg banyak. hehehe..

Yuk mari berkriuk kriuk riaaa ^^

2 comments:

  1. salam kenal mbak puji, aq Eva.
    malang mana ni rumahnya? aq d blitar,tp sering k rumah mertua d malang.
    kalau aku,adonan kremesnya aku kasih telur mbak biar lebih renyah dan enggak trlalu berminyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo begitu ya, mbak.. note.. kalau bikin lagi.. makasih infonya.. :)
      saya di Malang deket pemandian wendit, mbak Eva.. salam kenal juga :)

      Delete