Saturday, November 23, 2013

Telo Panggang Isi Apel

Sebenernya ini "produk" memanfaatkan apa yg ada di kulkas dan gak habis-habis/gak di olah-olah. Disiang bolong, bersih-bersoh kulkas, nemu ubi/telo madu. Lha kok di kulkasin? hihihi.. iya, kalau di taruh suhu ruang cepet busuk kalau gak segera di olah. hehe. Dan 3 buah apel malang yg udah hampir mengeriput. Di berdayakan saja yuk? bikin apa? Pengennya sih kaya model pie isi apel gitu atau kentang panggang isi apel. Tp ini pakai ubi/ (telo, jawa). Wiiihh bayanganku rasanya pasti mantap.. Caranyapun gak begitu ribet. Ubi cukup di kukus, haluskan campur dengan sedikit SKM dan margarin. Apelnya di potong dadu trus di karamel dengan gula pasir dan cinnamol powder.. uiiihh makin mantab aromanya.. Trus di panggang deh..


TELO PANGGANG ISI APEL
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
200gr ubi/telo kukus, haluskan
1sdm susu kental manis putih
1sdm margarin
3buah apel malang, potong dadu kecil-kecil
50gr gula pasir
sedikit garam
cinnamon powder (bubuk kayumanis), kalau gak ada yg bubuk, yg batangan malah lebih strong aromanya :)

Cara:
Campur apel malang, gula garam dan cinnamon powder. Masak dengan api kecil sampai apelnya lunak dan gulanya mengkaramel. Sisihkan.
Campur ubi/telo kukus dengan susu kental manis dan margarin.
Sediakan 2buah ramekin atau pinggan tahan panas, olesin dengan margarin sampai rata.
Masukkan apel karamel kedalam pinggan dan tutup dengan ubi/telo. Ratakan. Potong bagian atas biar ada udara masuk kedalam apelnya.
Panggang 15menit.
Angkat.
Siang disajikan.

Kalau yg suka manis, kudapan ini cocok deh, trus nyruput teh tawar.
Tp kalau yg kurang suka manis ini aseli maniiiisss.. Manis diluar dan manis di dalam. Ubi madunya yg notabene udah manis (ditambah skm pula, walau sedikit sih) plus isian apel yg berbalut karamel. Wuiihhh.. maniiisss..
Akibatnya, hanya satu pinggan saja yg mampu habis. Satunya lagi gak tersentuh karena "manis"nya itu. Hmmm.. di olah jadi apa lagi ini biar kemakan? di recycle gitu.. hahhahaha.. Sayang kan kalau mesti dibuang ;)

No comments:

Post a Comment