Saturday, November 2, 2013

Membagi waktu antara menjadi Ibu dan Hobi "ngrusuh" di dapur ala Mama Akilla

Saat saya posting hasil masakan/kue/olahan makanan, ada saja yg bertanya, kok masih bisa bikin kue padahal sebagai ibu rumah tangga ada aja kerjaannya (karena tidak punya asisten), belum lagi punya anak kecil. Lhaaa kenapa gak bisa? Tinggal kita aja mengatur waktunya. Bisakah? Pasti bisa :)

Saya bukan orang yg terlalu terpatok waktu, harus jam segini dan jam segini. Kecuali memang jadwalnya ya.. Kalau masalah makan ya harus teratur waktunya, dan jam-jam si bapak ngantor dan Akilla sekolah.. Aku gak bisa ganggu gugat kalau masalah itu. Tapi, kalau kerjaan rumah tangga lainnya aku bikin nyantai, misal cuci piring atau baju. Aku gak mengharuskan harus jam segini dan selesai jam segini. Aku kerjakan sambil bermain sama Akilla.

Yang pasti setiap pagi yg aku kerjakan dulu itu bikin sarapan. Kenapa? Saya gak mau keluarga saya makannya gak teratur. Saya mantan penderita maag karena gak teraturnya pola makan saya. Kalau saya gak sempet masak/malas masak, paling tidak saya beli nasi pecel atau bubur ayam buat sarapan, tp biasanya itu hari minggu. Nah, setelah si bapak berangkat kerja. Setelah sarapan, mandi pagi. Baru deh mengerjakan 'kerjaan' yg lain sambil main-main sama Akilla. Gak selesai karena Akilla ngerengek, ah, gak masalah..  Lanjutin aja nanti kalau Akilla udah terpesona dengan film-film kartun. hihihii.. Begitu semua kerjaan rumah selesai, gak sepenuhnya selesai sih, kadang aku diemin dulu sampai saya mau mengerjakannya hehehe.. Baru deh memulai berkreasi mencoba resep-resep baru atau sekedar utak atik bahan masakan. Biasanya saya kerjakan disaat Akilla bobok siang, sekitar jam 10-11 siang. Dan itupun gak pernah lama, paling lama 2jam. Tapiiii, selang satu jam dari awal bobok, Akilla nyari Emaknya lagi, lanjutin ngenyot lagi.. duh duh duuhh.. padahal udah 2thn lebih.. :D

Jadi begini, saat sebelum Akilla bobok, saya persiapkan dulu kira-kira mau bikin apa, persiapkan bahan-bahan yg di butuhkan, ditimbang sesuai kebutuhan. Kalau Akilla udah bener-bener terlelap, baru mulai baking. Nah biasanya kalau disaat seperti ini bikin kue/makanan yg tidak menghidupkan mixer, biar tidak terbangun tuh Akilla. Misal bikin roti, muffin atau apalah yg gak menimbulkan suara bising. Kalau bikin muffin, cepet tuh, Akilla bangun pasti udah mateng. Tp kalau bikin roti, lama nguleni, maklum masih pakai LG alias Lengan Gedhe *LOL*, lama proofingnya pula. Jadi pasti saat proofing kedua/ketiga atau saat mulai membentuk kue, Akilla pasti terbangun. trus gimana? gak usah bingung, tunjukin aja kalau mama lagi bikin kue, pasti si Akilla bilang, "waw, kueeee". Pasti semangat dia bangun dan 'bantuin' bikin kue juga. hihihiii.. Libatkan saja.. Atau jurus terampuh, nyalakan DVD, nonton film kartun kesukaan dia. Anteng! haha.. paling cm sesekali nengok ke mamanya, "udah mateng, ma?" hahaha. Oven roti sekitar 20menit. Sambil beberes, becanda sama Akilla, mateng deh rotinya... Mau memfoto hasilnya? Ada 2 cara, kasih tau ini masih panas dan mau di foto dulu atau kasih sebagian roti dan pasti memakanlah dia.. haha.. Tapi hal yg sering saya alamin, rebutan kamera mau foto rotinya.. hahaha.. Pinter-pinter kita deh ngerayu si bocah.. hehe
Dan selesai kan bikin kue/roti? Emaknya senang, bocah juga senang dapat cemilan lagi.. haha
  • Ini saat si Akilla niruin gaya emaknya kalau lagi moto, hihihi

  • Ini sebagian foto disaat Akilla 'menikmati' hasil kuenya,
Kalau mau bikin kue yg pakai mixer bagaimana? Ya pas Akilla bangun pastinya.. Kunci utama itu bahan-bahan sudah dipersiapkan sebelumnya, biar gak ribet harus nimbang ini dan itu, atau bahkan masih harus beli telur ke warung! Nah, kalau bikin cake, pasti Akilla ini minta untuk megangin si mixer. Malah dulu pernah bikin kue dengan dia sendiri yg ngemixer, aseli saya gak bohong, untungnya pakai metode all in one. Emaknya tinggal nuang ke loyang dan ngoven. Dan maunya dia seperti itu, tp saya gak ngebolehin, mentog saya gendong saya tunjukin aja. Saya mixernya pakai stant mixer, jd gak perlu megangin :). Lagi-lagi film kesayangan dia yg jd jurus ampuh. hihihi.. Sangat bisa untuk disambi bikin kue..
  • Nah, ini saat Akilla bikin kue sendiri xixixi
Kalau udah mateng, bukan hanya emaknya aja yg seneng hasilnya, tp Akilla juga gak kalah seneng. "waw kue" itu kata-kata yg selalu dia ucapkan saat emaknya bikin kue. Belum lagi liat ekspresi dia, pengen nyium sampe penyot tuh pipi,, hahaha..
Dan saat gigitan pertama bilang, "enak".. Weiizzz melayang hati emaknya... hahaha..

Begitulah temen-teman cara saya membuat kue/makanan bersama si bocah..

Cuci loyangnya kapan? ntar kapan-kapan kalau gak malas.. wakakakak

No comments:

Post a Comment