Sunday, October 13, 2013

Kare Ayam

Udah dari bulan lalu Bapaknya Akilla bilang, kalau perkumpulan tanaman/bonsai yg beliau ikuti ngumpul-ngumpulnya disini, dapat giliran gitu ceritanya. Aduh, trus mau bikin apa.. Cuma dapat ide untuk cemilan aja, telo/gedhang/kacang godhog aja, serba godhog-godhogan lah.. Beres deh, gak terlalu ribet jadinya.

Cumaaa.. menu makan si bapak gak segera request. Masih bingung mau menu apa, sampai h-3 baru bilang bikin kare ayam aja. Duuhh, waktunya mepet banget. Belum pesen ayam di pak ayam pula. Mau ke pasar juga gak ada yang nganterin. Akhirnya cuma "nitip" ke pak sayur aja. Telo dapat, kacang tanah gak dapat, gedhang/pisang dapat sih, tp adanya pisang sobo, besar-besar menggugah selera. Tapiiii, diriku kecewaaa, rasanya ternyata sepet walau udah menguning. huhuhuuu.. Kacang tanah gak dapat, akhirnya di ganti sama keripik singkong dan Onde-onde yg aku bikin kemaren yg aku simpan di freezer, tinggal di thawing, pagi ini di goreng. okedeh, tinggalin dulu cerita cemilah godhogannya, wong ya cuma tinggal nyuci trus di kukus, gak perlu resep paten. hihihi

Saatnya bikin kare ayam. Bikinnya kemaren sore, jadi hari ini enak, gak perlu terburu-buru bikin dan pastinya bumbunya udah meresap jadi makin sedep :)
Biasanya hanya bikin 1/2kg ayam aja, kali ini bikin 3kg ayam. Jadi bumbu-bumbunya aku hanya mengalikan 6 aja, gak saya timbang :)

Kare Ayam
by: Puji Rahayu
(untuk 1/2kg ayam)

Bahan:

1/2kg ayam, potong jadi 6-8bagian. di cempungkan di air panas sebentar, baru di bersihkan sisa-sisa bulu kecil yg menempel, cuci bersih.
1/2butir kelapa ukuran kecil, parut, peras airnya (saya biasanya 3kali perasan, gak pernah ngukur jadi berapa mili. Perasan pertama dan kedua saya sisihkan, dimasukkan di akhir disaat ayamnya sudah empuk. Perasan ketiga untuk mengempukkan ayam dalam panci presto, biar cepet hehe)
1/4sdt merica bubuk
1/4sdt ketumbar bubuk
3sdt garam (sesuai selera)
1/2sdt gula pasir
1/4sdt pala bubuk
2lembar daun jeruk purut (satu lembar ada 2 ruas daun ya, jadi ada 4lembar kalau di pisahkan)
1batang sereh

Bumbu yg di haluskan:7butir bawang merah
5butir bawang putih
1cm kunyit
1cm jahe
2cm laos
1buah cabe merah besar

Taburan:2batang bawang daun, potong 1cm
bawang merah goreng
Cara:
Tumis (di panci presto) bumbu halus dengan daun jeruk purut, dan sereh sampai layu dan harum. Masukkan meric, ketumbar, pala, gula dan 1sdt garam. Aduk rata.
Masukkan ayam, aduk-aduk, masukkan santan encer. Ungkep sebentar.
Tutup panci presto, tunggu 10menit dari desisan. Matikan api, tunggu sampai desisan/uapnya berhenti. Buka panci presto.
Tuang santan. Tambah lagi dengan garam. Tunggu sampai mendidih, tp diaduk-aduk ya biar santannya gak pecah.
Cicipi, serasa kurang asin atau gurih, bisa di tambahkan garam dan gula. Bila suka bisa ditambah kaldu bubuk (saya jarang banget pakai). Matikan api.
Taburi dengan bawang daun dan bawang merah goreng. Tutup panci dengan tutup biasa.
Tuang dalam mangkok, siap di hidangkan.
Akan lebih enak dan meresap bila dihidangkannya keesokan harinya atau bikin pagi, sore baru di hidangkan, Taburi bawang goreng lagi sesaat sebelum di makan.. Makin sedeeeppp.. :)



Dan ini tampilan untuk cemilan ndesonya. Ada Telo/ubi jalar putih dan madu/kuning, pisang/gedhang, onde-onde, kripik singkong, tak lupa kopi dan teh yg langsung di sajikan bersama tekonya hehe. Gelasnyapun pakai gelas gambar bunga ala jadul. hehe

Monggo sedoyooooo

No comments:

Post a Comment