Tuesday, October 1, 2013

BROWNIES PANGGANG

Brownies adalah cake yg pada jaman dulu terjadi "kecelakaan", lupa memasukkan pengembang di adonan cake, jadinya kue bantat. Tapi ternyata hasilnya banyak yg suka, padat dan nyoklat. Termasuk saya pecinta brownies.

Terus terang yaa.. saya belum pernah bikin brownies panggang yg hanya pakai DCC yg bener-bener maknyus.. :D
Dulu pernah bikin brownies ekonomis tp hasilnya sereeettt wkwkwk
Seringnya bikin brownies kukus dengan di model segala macam jenis sesuai keinginan, di bikin spongie, fudge, atau yg biasa aja. Dan akhir-akhir ini lagi kesengsem sama brownies ubi ungu yg rasanya mendunia di lidah saya (lidah saya lho yaa.. rasa tergantung selera sih ^^). Lembab, lembut, nyoklaatt, lumer di mulut.. *nulis sambil nelen ludah membayangkan, doohhh!!


Nah, kemaren ada saudara dari kal-tim yg sambang ke rumah saya. Dia setiap kali saya posting brownies selalu nodong, suatu saat kalau dia main ke Malang harus di buatkan brownies. Eh tapi tapiii.. kok ya ndilalah biasanya saya sedia ubi ungu atau paling tidak ubi madu biasa kok ya pas blaass habis. Terakhir saya bikin brownies ubi untuk pesanan tetangga. Padahal juga masih sempet jalan-jalan di kota Batu. Lhaa di Batu kan banyak ubi ungu? Iyah tau, tp kok ya gak kepikiran dan bablas aja jalan-jalan *nyengir* Wong beli apel buat oleh-oleh aja di pasar Blimbing sini hihihi.. *paraahh :))
Ingat beli ubi malah nyampai rumah, duuhh.. Akhirnya bikin brownies panggang biasa, pakai resep mbak fitri, thanks mbak udah share resep. Tp gulanya aku kurangi :)
Dan saya ternyata kesulitan mengenali karakter si brownies ini. Kalau biasanya saya pakai tes tusuk untuk memastikan sudah matang atau belum, tp si brownies ini tetep aja lengket walau sudah 40menit. Akibatnya? Sedikit over cook :D Topping kejunya menjadi eksotis tp dalamnya masih empuk kok ;). Kalau biasanya bikin brownies ubikan hanya sekitar 30menitan. Awalnya memang seperti rada keras di bagian luar, tp beberapa jam kemudian jadi lemban dan mengkilat.
Nah, karena brownies ini rada over cook, bikin jam 10 pagi, baru malam terasa rada lembab.
Padahal temen-temen yg bikin pada cantik-cantik lhooo.. Berarti saya harus belajar memahami sifat dr si brownies ini, kayak mempelajari sifat pacar baru gituuu.. hahaha
Tapi hasilnya enak lhoo.. nyoklaatt.. saudara saya suka, dan pulangnya saya bawa'in 2 loyang brownies -tentunya beserta apel malang dan kripik tempe/apel khas malang ^^-

Brownies Panggang
by. Fitri Ambarukmi

Bahan:

200gr DCC/Dark Compount Chocolatte/Coklat blok
125gr margarin
125gr tepung terigu
20gr coklat bubuk (saya, 15gr coklat bubu, 1sdm coklat bubuk untuk black forest, jadinya menghitam)
200gr gula pasir (saya 150gr)
3butir telur

Cara:

Panaskan oven.
Lelehkan margarin, masukkan DCC cincang, aduk-aduk sampai meleleh semuanya. Sisihkan.
Kocok telur dan gula pakai wisk.
Masukkan campuran DCC dan margarin. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk rata.
Tuang dalam loyang brownies. Beri topping.
Panggang sampai matang sekitar 30-40 menit.

Ini tekstus bagian dalamnya ;)

Dan tunggulah beberapa jam kemudian atau diinapkan biar terasa lembab ^^

2 comments:

  1. Mba Puji ini emang spesialis brownies ya hihi..semua browniesnya menggiurkan..nyicip ya mba..*nyomot sepotong..nyam..nyam..:)

    ReplyDelete
  2. hihihiii.. belum spesialis, mbak.. masih suka coba-coba :D
    monggo, mbak.. ini bikin buat oleh2 saudara di lampung :)

    ReplyDelete