Friday, September 19, 2014

GUDEG PECEL LAUK BACEMAN

Gudeg pecel lauk baceman? Iyah, makan gudeg pakai sambel pecel. Kok gak nyambung? Ya disambungin aja pakai sendok trus masuk mulut, menghasilkan kenyang hahaha. Sebenernya sih gak seperti gudeg jogja yg warnanya eksotis dan berasa manis. Tp ini lebih ke sayur santan tewel, karena masih banyak kuahnya, atau mungkin ini yang di namakan gudeg basah? Terus rasanya juga gak manis, karena pasti di protes Bapaknya Akilla, sayur kok manis hihihi. Jadi cenderung asin gurih saja. Masalah bumbu, mirip sih sama gudeg, cuma gula merahnya pakai sedikit saja. Aaahh, apapun rasanya, yang penting semua pada doyan, habis, itu suatu kebanggan tersendiri bagi saya :)

Dalam piring, nasi anget, di siram sayur gudeg, disandingkan dengan lauk baceman tahu, tempe dan telur puyuh. Nah kali ini yang masih terasa manis, lha piye jal baceman kok gak manis ya bukan baceman namanya tp orem-orem hihihi. Tapi tetep juga gula jawanya di kurangi, jd warnanya gak bisa cokelat pekat. Dan dapat di pastikan yang makan ini pasti kebanyakan adalah saiaaaa.. Bapaknya Akilla pasti gak seneng, dan Akilla yg di serbu paling-paling telur puyuhnya saja hihihihi. Tak apalah wong emang pada dasarnya saya yang pengen bikin baceman ini, setelah di pameri foto baceman di BBMnya mbak Rina hihihi. Begitu juga resepnya, dapat dr mb Rina, cuma gak pakai takaran, jd pakai feeling aja. Teruuss, ini pakai jinten, aromanya jadi wangiii.. enakk.. :) Thanks resepnya mbak ;)

Setelah ituuu, guyur dengan sambel pecel bu. parti aseli magetan. Ini pecelnya top, enaakk.. Saya selalu sedia dirumah, karena pasti dibawain sama ibu mertua setiap kali kesini, kalau gak gitu pas pulang ke magetan, pasti pulangnya juga nyangking sambel pecel ini hihihi. Terakhiirrr, tutup dengan rempeyek kacang, ini bikin sendiri. Resep masih sama dengan rempeyek kembang goyang yang pernah saya posting disini. Cuma gak di bikin kembang goyang, karena bapaknya Akilla rada protes.. susah makannya! hahaha.. Ya sudah balik lagi ke bentuk rempeyek pada umumnya haha. Teruuss, kalau mau rempeyeknya rada tipis, tambahi aja air dan sedikit garam. Jadi dapat disesuaikan mau rempeyek yang tipis atau yang rada tebal, tp dari segi rasa tetep renyahnya.. Kan pakai telor hihihi

Teruuss, sediakan pula teh hangat buat penawar pedas.. Daann, jadi beginilah tampilannya,

Masih mau nolak? haha.. Sakjane, sebenernya, ini mirip dengan nasi pecel di daerah Jember, cuma kurang sayurnya saja. Kalau di Jember tuh, nasi pecel, isinya sayur dan kecambah, disiram sambel pecel dan dikasih sayur santan, biasanya sih sayur santan tewel, lauknya bisa milih, bisa tahu, tempe, perkedel jagung atau telur dan pastinya juga ada rempeyeknya. Jadi anggap saja ini makan pecel ala Jember hihihi #maksa :))

Wokeee, let's to recipe!

GUDEG wanna be 
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
1/2bagian kecil tewel/nangka muda (lupa gak nimbang, paling hanya sekitar 300gr-an)
5siung bawang putih
7siung bawang merah
1/2sdt ketumbar bubuk
2cm lengkuas, geprek
3lembar daun salam
50gr gula jawa
garam
telor rebus
100ml Santan instan

Cara:
Rebus air sampai mendidih, masukkan irisan tewel yang sudah bersih dan sesendok teh garam. Aduk rata, biarkan beberapa saat. Angkat dan buang airnya. Sisihkan.
Rebus air lagi.
Haluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar bubuk.
Masukkan dalam rebusan air yang sudah mendidih, tambahkan lengkuas, gula jawa, garam dan sedikit santan. Aduk rata.
Masukkan tewel dan telur rebus.
Masak dengan api kecil sampai empuk dan tewel berubah warna, airnya menyusut.
Tambahkan sisa santan, aduk rata, cicipi. Siap disajikan.

BACEMAN TAHU, TEMPE dan TELUR PUYUH
Base recipe by: Rina Fransisco
Modif by: Puji Rahayu W.

Bahan:
1papan tempe
1buah tahu ukuran besar (sekitar 400gr)
250gr telur puyuh, rebus
3siung bawang putih
7siung bawang merah
sejumput jinten
1/4sdt ketumbar bubuk
2cm lengkuas
3lembar daun salam
1batang sereh
100gr gula jawa
3sdt garam/secukupnya

Cara:
Goreng tahu setengah matang, asal berkulit saja, biar tidak hancur saat di rebus bersama bumbu.
Rebus air secukupnya.
Haluskan bawang putih, bawang merah, jintan, ketumbar bubuk.
Masukkan dalam air mendidih, tambahkan lengkuas, daun salam, sereh, gula jawa yg sudah disisir dan garam. Aduk rata.
Masukkan tempe, tahu dan telur puyuh rebus. Aduk rata.
Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.
Goreng dan siap disajikan.

Oia, ini hasilnya lumayan banyak, jd masukkan dalam wadah, sewaktu-waktu pengen makan, tinggal goreng sebagian. Sisanya simpan di kulkas. 

Wokeeehh, siapa yang mau makan siang bersama saya? ^^

No comments:

Post a Comment