Tuesday, September 30, 2014

CHICKEN BURGER

Okeehh, lama gak ngeburger. Mari kita nge-chicken burger,
Burger ini kesukaannya Akilla, entah kenapa dia suka sama burger. Kalau pas pengen slalu request, "ma, bikin burger.. Killa pengeeeenn" dengan nada meminta dan wajah memelas. Duuhh, anakku itu emang pinter bermain ekspresi.. hihihi. Tapi, karena mamanya ini lagi males ngeroti, akhirnya di slimur dengan kue-kue lain. Tp ya gak henti-hentinya di selalu meminta, bahkan ke Bapaknya. Pas makan di luarpun juga masih sempet minta makan burger, tp karena bapaknya perut ndeso, gak marem kalau makan burger, mintanya nasi, jd gak di kabulkanlah permintaan si anak hihihi. Dan terpaksa mamanya yang turun tangan ke dapur. 

Dari malam udah diniatin, pagi-pagi nyegat pak ayam buat beli ayam, abis itu bikin sarapan yang simpel, trus maraton bikin dough dan patty si burger. Sarapannya bikin ayam fillet di tepungi, makannya pakai saos saja, mamanya makannya pakai sambel terasi hihihi. Semua udah pada kenyang, lanjut bikin doughnya, resep masih sama seperti postingan sebelumnya, resep bisa di klik disini. Untuk pattynya sebenernya juga sama, cuma yg ini ada tambahan keju, jadi garam di kurangi. Akilla sukanya yang model di goreng pakai tepung panir begini, renyah soale. Yah nuggetlah ini intinya, bisa di buat nugget biasa, bisa juga dibuat isian burger. Ambil simpelnya aja deh :). Tapi kalau suka burger yang isi daging langsung di pan di atas penggorengan juga gak masalah, ambil 60-70gr adonan, pan di atas teflon, di bolak balik sampai matang. Lebih simpel lagi, krn tanpa gak perlu kukus dan dibalur tepung roti, kemudian di goreng. Tp bikin pattynya harus saat itu juga, adonan di simpan dalam keadaan mentah di dalam lemari pendingin. Sesuai selera yahh.. :)

PATTY BURGER aka NUGGET AYAM WORTEL KEJU
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
100gr wortel
1butir bawang bombai
300gr daging ayam (tanpa tulang)
50ml putih telur
50gr es batu, hancurkan
3siung bawang putih, goreng
2sdm tepung kanji
1,5sdt garam (tergantung selera)
sedikit gula pasir
1/2sdt marica bubuk
1/4sdt pala bubuk
50gr keju parut

Pelapis:
2butir telur
100-150gr tepung roti.

Cara:
Masukkan wortel dan bawang bombai kedalam chooper, giling sampai berbentuk cincangan kecil.
Masukkan ayam, bawang putih, es batu, putih telur, giling sampai tercampur rata.
Bumbui dengan garam, gula, merica bubuk, pala bubuk dan keju parut. Giling lagi sampai rata.
Masukkan kedalam plastik yg telah di lubangi pakai tusuk gigi. Ikat kedua ujungnya, jadi bisa berbentuk silinder, mirip sosis ukuran jumbo hahaha..
Kukus sampai matang.
Dinginkan, iris melintang, celupkan ke kocokan telur, masukkan ke dalam wadah berisi tepung roti, lapisi sampai semua tertutup tepung roti. lakukan sampai habis.
Simpan di dalam lemari pendingin minimal 15 menit, baru digoreng, biar tepung rotinya menempel, tidak banyak yang terlepas saat di goreng.
Goreng seperlunya, sisanya disimpan diwadah tertutup dan diletakann di lemari pendingin atau lebih awet lagi di taruh di freezer.
Dan pattynyapun siap di susun dengan potongan roti yang telah di toast di atas teflon bersemir margarin, kasih mayonaise, tumpuk dengan selada, tomat, mentimun, patty, keju slice, kasih mayonaise dan saos tomat yang banyaakk, tumpuk lagi dengan roti. 
Siapkan tissu, yakin deh!
Daaaannn siap mangap ombo, menikmati setiap gigitan dengan mulut yang belopotan mayo dan saos! Dan tissu sebagai penyelamat.. hahaha

 
Okaayy! Burger time! ditemani dengan kentang goreng dan lemon tea.. Semangaaattt soreee.. ^^

No comments:

Post a Comment