Thursday, September 18, 2014

CAKE PISANG

Sore hari nyemil cake pisang, teh anget, sambil baca-baca buku resep. Sungguh sore yang sempurna.. :). Yang mau seperti itu, buruan gabung bersama saya.. :D

Sudah lama bener sama gak bikin cake pisang, duluuu masih awal-awal belajar bikin kue, bikinnya ya ngolah pisang, dibikin macam-macam jenis kue, salah satunya banana "dome" cupcake. Bikinnya mudah, asal aduk, gak pakai mixer dan gak pakai oven, hasilnya pun lucu bisa ngedome alias membentuk kubah, nyempluk gitu jadinya. heehe.. kalau mau resepnya bisa di klik disini :). dan setelah sekian lama, akhirnya kemaren bikin cake pisang lagi, itupun karena di kasih pisang ambon sama ibu sayur, bonusan belanja hihihihi. Tapi pengen cake pisang yang empuk, moist gitu.. Jadinya pakai resep cake potong di postingan snack box (bisa di klik linknya), resepnya all in one, tinggal nambahin pisang yang telah di haluskan, oven, dan tunggu 30menit siap dinikmati, jd cukup simpel juga karena pakai metode all in one.  Gulanya juga pakai gula palem dan gula pasir, jadinya makin legiitt.. Teruuuss, rencana mau ngereyen cetakan kupu-kupu yang dapat dr halal bihalan NCC Malang, lha kok malah ngambil loyang kotak.. Baru nyadarnya pas udah masuk oven.. huhuhu.. Ya sudah deh, next kalau bikin cake mesti diingat-ingat pakai cetakan kupu-kupu hehe..


CAKE PISANG (modif dr cake potong postingan SNACK BOX)
Modif by: Puji Rahayu W.

Bahan:
100gr tepung terigu serbaguna
50gr gula palem
50gr gula pasir
3butir telur utuh
1kuning telur
1sdt emulsifier
1/4sdt baking powder
2buah pisang ambon (bisa pisang apa saja, beratnya sekitar 100gr-150gr)
sedikit garam
75gr margarin, lelehkan

Cara:
Panaskan oven dengan api sedang.
Siapkan loyang kotak 20x20x4cm, alasi dengan kertas roti dan dioles margarin/minyak.
Haluskan pisang dengan garpu. Sisihkan
Taruh dalam wadah, tepung terigu, gula pasir, gula palem, garam, telur dan emulsifier, mixer sampai kental dan mengembang. 
Turunkan kecepatan mixer, masukkan pisang. Aduk rata.
Masukkankan margarin yang telah dilelehkan. Aduk rata. Matikan mixer.
Tuang dalam loyang dan oven selama 30menit atau sampai matang, tes tusuk.
Keluarkan, potong-potong dan siap di nikmati.

Tips:
Kalau mau diberi topping potongan pisang seperti ini, biar gak tenggelam, oven dulu selama 10menit, keluarkan, dan tata potongan pisang diatasnya, masukkan oven lagi dan panggang sampai matang.

Rasanya? Moiisstt, empuukk.. legit gula palem dan pastinya aroma pisangnyaaa.. menusuk hidung hihihi.. Pas baru keluar oven, masih panas-panas, saya langsung habis 3 potong haha.. 

Kelihatan empuk kan? :)
Dan selamat soree kawaannss.. ^^

3 comments:

  1. fotonya cakepp mbak..pengen belajar food photography

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mb Avi mamasaladin.. saya juga masih belajar ini.. :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak Puji...Mbak,aq pernah bikin banana cake,yg pertama sukses..yang ke2 ambleg,skrg pengin bikin lg tp masih trauma. Pgn coba resep ini.Wish me luck.

    ReplyDelete