Friday, May 29, 2015

SIOMAY AYAM UDANG

Sebenernya ini adalah HW alias home work untuk grup kitchen blog (KB) di facebook. Tapiii iyaa ada tapinya hehe.. Awal bulan kemaren sungguh saya terpesona oleh zona nyaman yang hanya tiduran dan main sama Akilla *tp kerjaan rumah teteeppp*. Akhirnya moloorrr sampai hari ini. Tapi setidaknya rencana ini terealisasikan. Dan untungnya event ini di perpanjang di Instagram. Di grup facebook di tutup per 10 mei 2015, tp di buka kembali untuk postingan di Instagram. Yeeeyyy! Terselamatkanlah saya.. Terimakasiiihhh ^^

Baik, saya bikin varian dimsum versi kukus. Bikin yang simpel saja yaaa.. hehe. Bikin siomay ayam udang. Berbeda dengan siomay ala abang-abang penjual siomay ya.. Atau biasa disebut siomay bandung, yang berbahan dasar ikan tengiri. Kalau mau bikin resepnya ada disini. Kali ini saya bikin berbahan dasar ayam dan udang. Sama-sama enak tapi punya rasa yang berbeda *yailaaahh hihi*. Dan siomay ayam udan ini lebih sederhana dalam penyajiannya. Cukup disandingkan dengan saus sambal dan kuah kaldu ayam panas. Atau lebih enak lagi kalau di cocol saus sambal bangkok, lebih manis sambalnya :), tapi lagi gak punya hehe. Biasanya siomay ayam udang ini disajikan di resto-resto atau jamuan makan sebagai hidangan pembuka. Jadi sekarang gak perlu nunggu ada undangan makan di resto untuk menikmati siomay ini hihi. Bikin aja dirumah, bahan-bahannya mudah didapat, mudah pula membuatnya ;)


SIOMAY AYAM UDANG
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
20-25lembar kulit siomay
200gr daging ayam bagian dada
100gr daging udang
2siung bawang putih
1butir putih telur
air secukupnya
3/4sdt-1sdt garam
1/2sdt minyak wijen
1/4sdt gula pasir
1/4sdt merica bubuk

Taburan:
wortel parut secukupnya

Cara:
Haluskan semua bahan kecuali daging udang kedalam grinder, beri air secukupnya sampai tercampur rata dan halus. Jadi ini teksturnya agak lembek, tp gak lembek banget *gimana sih* haha.. Mirip adonan bakso gitu lah..
Nah udangnya cukup dicincang aja pakai pisau, karena nanti hasilnya akan ada titik-titik merahnya, jadi cantiikk :)
Campurkan ke adonan daging ayam. Campur rata.
Ambil selembar kulit lumpia dan beri 1-2sdt adonan ayam udang, beri parutan wortel diatasnya, letakan pada cucing yg sudah dioles minyak.
Lalukan sampai adonan habis.
Kukus sampai matang.

Sementara kuah kaldu ayamnya sama seperti bikin kuah kaldu untuk hot cwie mie yang kemaren saya posting, bisa dilihat disini ya resepnya ;)

Oia, ini adonan emang sengaja gak pakai tepung tapioka karena saya pengen siomaynya empuk dan terasa daging ayam udangnya. Terus saat penyajian, panaskan kuah kaldu dan celupkan siomay yang akan disajikan, jadi kulitnya lemas.. enak deehh.. Dan sisanya bisa ditaruh dalam kotak simpan dalam lemari es. Jika ingin makan tinggal celupin lagi ke kuah kaldu panas. Cocol dengan saus sambal. Sluruuppp! Nyaaamm!

Sukses ya buat Kitchen Blog dan Your Kitchen My Kitchen!

No comments:

Post a Comment