Monday, July 21, 2014

LOVE CHOCONUT COOKIES alias KUE KACANG

Ini dia yang slalu nganenin pulang kerumah saat lebaran tiba. Kue Kacang, kami menyebutnya begitu, karena memang salah satu bahannya adalah kacang. Slalu tak terlewatkan sebagai sajian di meja kami. Tekstur yang empuk dari anak kecil sampai nenek-nenek bisa makan kue ini haha. Kalau dulu saat saya masih kecil sampai sebelum bekerja di Malang ini, selalu membantu membuat kue lebaran ini setelah sahur, jd gak bobok lagi hihihi. Tp itu yang membuat kami semangat berpuasa, bikin kue-kue lebaran, ntar kalau udah magrib buru-buru nyicipin bikinan kita. Senang kalau mengingat masa tersebut. Tp sejak kerja di Malang saya absen dr kegiatan tersebut, apalagi udah nikah, mudik pertamanya ke kampung halaman suami, di Magetan. Baru H+1 mudik ke Jember. Masih area jawa timur sih, tp mudiknya dari ujung ke ujung. Aaahh di perjalanan sudah terbayang akan memakan kue kacang bikinan ibu.. 
Tahun ini saya lagi kedatangan mbah mud buat bikin kue lebaran sendiri, salah satunya ya kue kacang ini. Mengobati kerinduan bebikinan kue bersama ibu. Resep yang saya gunakanpun sama dengan resep ibu yang ibu entah dapat dari mana haha.. Tp saya bikin hanya seperempatnya saja, takut kebanyakan kalau full satu resep hihi. Yang penting resep ini andalan keluarga saya. Cuma kalau ibu bikin paling-paling atasnya cuma di poles sama kuning telur, nah.. saya dimodif dikit toppingnya, niatnya di celup cokelat leleh, tp ternyata cokelatnya gak mau leleh sempurna, jd masih mengental saja tuh cokelat. Akhirnya coretin aja di atasnya, taburi sprinkle biar makin cantik., makanya saya kasih nama "Love ChocoNut Cookies" hihihi. Padahal sama aja nama aslinya ya kue kacang hihihi




LOVE CHOCONUT COOKIES
by: Puji Rahayu

Bahan:
150gr kacang sangrai,kupas, haluskan
250gr tepung terigu protein rendah
150gr gula halus (saya suka manis, kalau gak suka manis, bisa dikurangi jadi 100gr sudah berasa manisnya)
1/2sdt garam
140ml minyak goreng (pakai merk yg bagus ya..)

Topping:
Cokelat leleh (DCC yg di tim)
Sprinkle

Cara:
Campur kacang, gula halus, garam dan tepung terigu. Aduk rata.
Tuang minyak sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata, pakai sendok kayu biasa.
Gilas dan cetak.
Oven selama 20menit.
Angkat dan dinginkan.
Hias dengan cokelat leleh dan sprinkle.
Kemas dalam wadah tertutup.
Siap di hidangkan.

Cukup mudah, tanpa mixer tanpa telur. :)
Dan ini tampilan sesaat setelah di hias,


Awalnya saya cetak pakai cetakan berbentuk kacang. Lucu sih sebenernya, pas banget pula, kue kacang berbentuk kacang. Tapiii berhubung cetakannya kecil, aduuuhhh nyerah di awal, lama nyetaknya.. hihihi. Tp sebagian yg sudah saya cetak lanjut di oven dan malah jadi favorit si Akilla, imut, sekali hap habis haha..



Lucu juga kan di bentuk mirip kacang hihihi

No comments:

Post a Comment