Thursday, April 3, 2014

RE-BROWNIES

Re-Brownies? Maksudnya? hihihi.. Recycle brownies maksudnya.. Alasan yang di gunakan hampir sama dengan postingan yang sebelumnya. Iyah, bikin cake tp gagal! wkwkwk. Ceritanya kapan hari Akilla minta dibikin kue, tp mamanya lagi malas bikin. Akhirnya jatuh pada pilihan bolu kukus mekrok. Dengan metode all in one, kukus, beres. Ternyata, tepung yang ada dirumah itu hanya protein tinggi, mau beli tepung protein sedang di warung sebelah kok ya pas tutup. Ya sudah nekat bikin. Dan apa yang terjadi? Mekar sih mekar, tp gak beraturan mekarnya. hehe.. Dan pasti berpengaruh pada rasa, rasanya lebih padat, bikin kesereten haha.. Pas baru matang anget-anget gitu gak terasa sih bedanya, tp pas udah dingin berasa banget. Alhasil masih banyak sisanya. Mau dikasih tetangga ini kok ya gak sopan banget, masa kue seret begini dikasihkan. Dari pada masuk tong sampah karena tak terjamah, mari diolah kembali. Kebetulan juga pas ada challenge #3 YKMK, "Your Kitchen - My Kitchen", salah satu grup masak di facebook. Yang bekerja sama dengan ChefMate Chocolatte.

Mau dibikin apa kira-kira kue gagal tersebut? Bikin brownies aja, campurannya kan cokelat hehe. Cari simplenya saja. Trus ntar di hias seperti apa? Yah intinya bikin hiasan dari cokelat. Tapi berhubung cuaca panas, cokelatnya cepet sekali memeleh dan berujung patah! Duuhh!

Dan akhirnya... mari membatik!!


Hahaha.. nilai saya rendah saat pelajaran menggambar, eee.. kok sekarang coba-coba membatik, pakai cokelat pula. Tak apalah, untuk meramaikan challenge #3 kali ini. Karena challenge #1 dan #2 saya absen hehe.

RE - BROWNIES
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
200gr cake gagal yang telah di hancurkan
2butir telur
80gr gula pasir
1/2sdt garam
1sdt kopi instan
1/8sdt soda kue
100gr DCC ChefMate
100ml minyak sayur
almond slice

Cara:
Tim DCC ChefMate dan campur dengan minyak sayur. Sisihkan.
Campur cake gagal, gula pasir, garam, kopi instan, soda kue dan telur. Aduk pakai wish saja.
Tuang campuran DCC dan minyak. Aduk rata.
Tuang dalam loyang brownies, ratakan, taburi almond slice (bisa diganti yang lain).
Oven selama 20-30menit.
Siap di hidangkan.

Cukup mudah untuk mengatasi kegagalan. Tetep semangat walau gagal. Gagal adalah hal biasa dalam perbakingan, tinggal kita menyikapinya bagaimana. Jangan putus asa. Banyak jalan menuju Roma!!
Okey teman? :)

Tekstur brownies yang dihasilkan ini spongie, mirip sponge cake. Kalau mau bikin brownies yang padat, bisa pakai cokelat bubuk dan di tambahkan susu cair seperti pada resep saya yang sebelumnya. Tergantung selera dan pengennya yang mana... Sip kan? hihihi

Baiklah, sekarang waktunya berdoa semoga saya menang! Supangat!! eh Semangat! maksudnya :D

2 comments:

  1. Top bgt mba Puji, kreatif! Sampe kepikiran itu bolkus gagal di recycle :D btw, yg di malang udah dpt chefmate nih...aku malah belum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. soalnya sayang kalau berakhir di tempat sampah, mb Eliza :D
      Malang udah ada chefmate, tp harus ke TBK besar. Kalau TBK-TBK kecil atau supermarket gitu gak jual..

      Delete