Tuesday, April 8, 2014

CHICKEN BURGER

Burger lagi.hihihi.. Yah mungkin burger adalah varian rerotian yang paling sering saya bikin. Alasan pertama, bentuknya simpel, gak pakai bentuk-bentuk, cukup di buletkan saja hehe. Dan yang kedua, Akilla doyan banget sama burger. Sering banget minta bikinin burger. Kalau gak bikin sekarang, besok di tagih lagi dan besoknya terus begitu sampai Mamanya bikin. Kalau pas malas bikin akhirnya ya beli laahhh.. Dari beberapa kedai burger yang pernah dia makan, dia bisa mereview mana yang enak dan nggak. Dia gak bakal bilang gak enak sih, cuma paling cuma dimakan segigit trus disodorin ke Mamanya. Ehhmmm.. Kalau enak ya dia makan terus sampai dia kenyang. Kalau bikinan Mamanya itu pas untuk porsi dia, jd pasti habisnya. Itu berartiiii??? hihihi...

Yang bikin Mamanya terus semangat adalah saat seperti ini,
"enak, ma" sambil makan dan itu ucapan yang bikin mamanya bangga haha..
"enak mana bikin sendiri atau beli?"
"hhmmm... #sambil_mikir. Enakan bikin ndiyi" #sambil terus ngunyah sampai habis.

Kali ini bikin cuma sedikit, 150gr tepung. Karena cuma punya daging ayam cuma sekitar 200gr saja. Dan gak dibikin model nugget seperti yang sebelumnya. Tp di panggang langsung diatas teflon. Kalau bikin nugget bisa jadi banyak, karena kan diiris tipis-tipis. Tp kalau panggang di teflon selain campuran bread crumnya juga sedikit, kalau tipis banget yo gak berasa makan daging hehe. Jadi, disesuaikan saja untuk adonan rotinya. Masih menggunakan  metode water roux dan di balik karena dengan metode ini hasil rotinya lebih lembut dan empuk. Untuk basih resepnya masih sama, cuma kali ini disesuaikan dengan jumlah tepung yang di gunakan. Dan biasanya saya mengandalkan tenaga LG alias Lengan Gede hahaha.. Kali ini saya pakai mixer, dikit soale, mixernya masih ngatasi hehe.



DOUGH BURGER
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
water roux (1sdm munjung tepung terigu di masak dengan 75ml air, tidak sampai lengket, cukup sampai mengental putih saja). Dinginkan.
1 butir kuning telur
30gr margarin
1sdm gula pasir
1/4sdt garam
150gr tepung terigu protein tinggi

Biang:
1sdt ragi instan
1/2sdt gula pasir
2sdm air hangat (30ml)

Cara:
Campur bahan biang, diamkan sampai berbuih mengembang.
Campur kuning telur, gula pasir, garam dan margarin. Aduk sampai rata.
Masukkan water roux, dan biang. Aduk rata.
Mixer dengan gagang spiral, masukkan tepung sedikit demi sedikit. Terus dimixer sampai kalis.
Bulatkan, tutup dengan kain lembab. Diamkan selama 30menit. (tadi saya cuma 15menit, soale panas, tak jemur hahaha, biar cepet).
  • Ini sebelum di proofing
Akilla intip-intip adonan :D

  • Setelah di proofing,
Akilla yang "ninju" adonan
Kempiskan adonan, bagi beberapa bagian, saya timbang 45gr-an, biar porsinya pas buat Akilla. Kalau mau agak besar boleh-boleh saja..
Proofing lagi selama 20m.
Oles putih telur dan taburi wijen.
Oven 15menit atau sampai kuning kecokelatan.
Angkat, dinginkan, siap di gunakan.

Dan untuk patty atau isian dagingnya,


PATTY AYAM
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
200gr daging ayam, cincang
50gr wortel parut.
3sdm bread crumb
50ml putih telur
2sdm air es
1siung bawang putih, cincang halus
1butir bawang bombai, cincang
1sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1/8sdt pala bubuk
1/2sdt gula pasir

Cara:
Campur semua bahan. Aduk sampai rata.
Ambil satu sendok makan penuh, pipihkan, panggang diatas teflon dengan ditutup biar matangnya merata sampai dalam. Bolak balik biar merata matangnya.
Angkat, siap di gunakan.

Nah, yang membedakan burger kali ini adalah sausnya. Terbuat dari bawang bombai cincang yang di tumis, kasih sedikit air dan masukkan saus tomat. Bumbui dengan sedikit garam, merica, gula pasir dan saus tiram. Gak pakai takaran, mirip bikin asam manis tp kali ini gak pakai air jeruk lemon/nipis. Bikin makin yahuuuddd... hihihi

Baiklah, sampai pada proses penyusunan hihihi
Ambil satu buah roti burgernya, belah jadi 2, panggang di teflon. Angkat.
Oles dengan mayonaise, letakan sayur, lagi gak punya selada, jadi pakai kubis yang di iris-iris. Oles mayonaise lagi, letakan patty ayam, siram saus, letakan mentimun, coret lagi sama mayonaise dan saus sambal. Tutup dengan roti bagian atas. Siap-siap mangap ombo.. hihihi


Inilah Akilla bersama burgernya. Asik terus ngunyah sambil belepotan, mata tetep tertuju pada film kartun.. Njoy u'r burger, son!! :)

Foto burger diatas ini adalah foto kemaren pas gak ada selada. Pagi ini sarapan burger lagi, plus kentang goreng. Jadi makin kenyang. Yang bikin makin semangat makan adalah warna-warna yang terdapat pada susunan roti burgernya.. Ada merah, hijau, kuning.. Ceria banget! Karena tomat dan daun seladanya baru beli tadi pagi hihihii..


Dan tanpa sadar habis 2 burger plus kentang goreng, alhasil perut terasa penuh hihihii

No comments:

Post a Comment