Wednesday, April 2, 2014

MARTABAK TELUR

Ini adalah ilmu hasil cooking classnya si Akilla hari sabtu kemaren. Di sekolah sih sebenernya cuma anak-anaknya aja yang praktek, sama para teacher tentunya. Tapi berhubung saya kenal sama para teacher-teachernya, karena rumahnya tetanggaan, saya di ijinkan mengikuti cooking class, sekalian bantu-bantu. Aaahhhh, saya senang sekali, memang saya lagi kepengen bisa bikin martabak telur seperti di penjual martabak itulho.. adonan tepungnya di puter-puter. hihihi. 

Kenapa bikin martabak telur untuk anak playgrup/TK? Kan bahaya kena minyak panas. Aahh, tidak seseram itu kok. Anak-anak cuma diminta bantuin ngupas bawang pre, pakai tangan tentunya. Nguleni tepung, walaupun hasilnya ya begitu deh hihihi. Suwir-suwir jamur. Bukan masalah masakan apa yang di olah, tp mengenalkan jenis-jenis bahan makanan yang dipakai. Selain juga untuk membiasakan diri agar mengutamakan makanan homemade, ketimbang beli jadi. Dan yang paling penting, salah satu teachernya, teacher Evi, adalah anak penjual martabak! Yeess!!! ini yang penting! biar ada yang ngajari gimana caranya hihihi. Setelah semua selesai, cuci bersih, siap di olah. Anak-anak diminta memperhatikan step by stepnya. Karena nanti akan di tanyai oleh teacher mereka. Seneng banget liat anak-anak.. Sumringah dan bersemangat sekali. Satu martabak telur matang, tangan mungil mereka pada jahil untuk mencuilinya hihihi.. Sambil tanya, "teacher, aku mau ya.." hihihi.. "nanti dulu, tunggu semuanya selesai, trus makan bersama". Dan sebelum bikin martabak telur, teacher Tia, sudah bikin mie goreng terlebih dahulu, jadi nanti makan bersamanya dengan menu mie goreng + martabak telur. Nyam nyaammm nyaaaaaaaammm.. 

Dan inilah ekspresi si Akilla saat cooking class kemaren,


Sebenernya besoknya gitu pengen langsung praktek, karena semua bahan mudah di dapat, tp sabtu sore berangkat mudik ke Magetan, kerumah mertua, sampai hari selasa. Baiklah, sesampai di Malang lagi mempraktekan sendiri dirumah. Dan baru hari ini kesampai bikin martabak sendiri. Bahan-bahan beli di tukan sayur. Kali ini bikin martabak daging sapi + jamur tiram. Bumbunya apa? Bumbu gule saudaraaaa.. berhubung gak bisa bikin bumbu gule sendiri, jadi beli bumbu gule yang sudah jadi hihihi.. Tinggal ditumis lagi sama bawang merah dan bawang putih, trus dikasih daging sapi giling, di ungkep sebentar, jadi deh. Tinggal nyampurin ke kocokan telur dan bawang pre.

Tapi yang penting juga adonan tepungnya ini, berbeda dengan martabak telur yang sebelumnya saya buat, yaitu pakai rendaman minyak. Kali ini pakai margarine, jadi saat di goreng, adonan tepungnya gak mengkerut. Noted! Dapat ilmu baru lagi. Dan saya ternyata [hampir] bisa melebarkan adonan seperti tukang martabak! hihihi.. cuma gak bisa selebar penjual martabak, plus banyak bolongnya hahaha..

KULIT MARTABAK TELUR
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr tepung protein tinggi
100ml air es
1/2sdt garam
1-2sdm margarine
margarine secukupkan untuk menyelimuti adonan.

Cara:
1. Campur garam kedalam air es. Tuang kedalam tepung. Uleni.
(air bisa ditambah atau di kurangi, patokannya, hentikan penambahan air jika adonan tepung sudah tidak bertepung lagi, mirip bikin roti)
2. Masukkan margarine, uleni sampai kalis.
3. Bikin bulatan-bulatan kecil.Saya tadi ada 7bulatan. Tergantung mau bikin besar atau kecil martabaknya nanti.
4. Lumuri permukaan tangan dengan margarine, gulung-gulung bulatan adonan tadi sampai semua permukaan terselimuti margarine. Lakukan sampai habis.
5. Sisihkan dengan wadah yang tertutup, gak perlu rapat, yang penting tertutup.

Seperti ini adonannya,


Dan ini bahan bahan untuk isian martabak telurnya,
  • Daging sapi bumbu gule
  •  bawang pre dan telur ayam
  •  jamur tiram

Okey, semua sudah lengkap saatnya eksekusi..

MARTABAK TELUR
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
1bungkus bumbu gule kemasan, saya pakai BMM (Bumbu Masak Machmudah)
75gr daging sapi giling
3siung bawang merah, iris tipis
2siung bawang putih, iris tipis
3butir telur
10batang bawang pre, rajang.
1bungkus jamur tiram, sekitar 200gr, mungkin ya.. gak nimbang :D, suwir-suwir kecil.

Cara:
1. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai layu, masukkan bumbu gule. Aduk rata.
2. Masukkan daging giling. Beri sedikit air. Aduk rata, unkep sebentar sampai airnya menyusut. Dinginkan.
3. Campur telur, bawang pre, jamur tiram dan daging sapi bumbu gule. Aduk rata.
Note:
Pada awalnya telihat seperti kurang cairan, jangan buru-buru menambah telur, karena lama kelamaan, campuran ini akan berair.
Dan bila suka asin bisa ditambah garam, tp menurutku ini sudah pas asinnya :)
Sebagai patokan, bila tanpa daging sapi, bumbu masak ini bisa langsung digunakan sebagai bumbu di telurnya. 1sendok teh munjung (sendok teh untuk ngaduk teh/kopi, bukan sendok takar) untuk 1butir telur. Sedangkan jika di campur daging sapi, 1 sendok makan munjung (sendok makan yg untuk makan, bukan sendok ukur) untuk 1 butir telur. Jadi, satu bungkus bumbu masak ada 3 sendok teh munjung, pas untuk 3 butir telur.

Campuran bahan-bahan tersebut jadinya seperti ini,


PENYELESAIAN:

1. Ambil satu bulatan kecil, pipihkan dan lebarkan. Saya bikinnya mirip penjual martabak. Tangan kiri menghadap kebawah, jari jempol dan telunjuk tangan kanan sebagai penjapit di pinggir adonan. Trus di lebarkan dengan cara di banting, banting arah kanan terus. Gar perlu di balik, jd bagian atas tetep bagian atas. Susah ya.. iyah, gak ada fotonya, gak ada yang dimintai tolong moto hiks. Tapi saya gak bisa selebar penjual martabak hihihi.. Dan yang pasti selalu ada yang bolong hihi
Seperti ini,


2. Goreng di wajan datar yang telah terisi cukup minyak, jangan banyak banyak, satu sendok sayur saja, kalau bisa yang lebar wajannya, biar mudah melipatnya. Tadi saya pakai teflon ukuran 22cm, agak susah ngelipatnya hehe.. dan hasilnya jadi kecil-kecil, gak bisa besar :D
3. Segera tuang adonan telur di tengah-tengah. Lipat pinggiran tepung di dua sisi (kiri kanan) kemudian atas bawah, biar isiannya gak keluar.
4. Goreng dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Jangan lupa di balik ya, biar gak gosong hehe.
5. Angkat, tiriskan, potong sesuai selera. Siap di hidangkan dengan acar mentimun dan cabe rawit. Tapi saya gak bikin acar, gak bisa soale, rasanya gak bisa pas, masih perlu cari ilmu lagi hehe.
Note: Minyak hanya untuk satu kali menggoreng ya.. serem kalau di pakai goreng lagi.. menghitam soale.. :D

Dan akhirnya akan seperti ini,


Kalau ada sisa adonan tepung, bisa disimpan di kulkas dengan wadah tertutup rapat. Atau bisa juga di tipiskan, trus diiris kecil, goreng. Hasilnya kriuk kriuk seperti kulit pangsit. Akilla suka itu hehe.

Daaannn, saya akhirnya pakai kamera canon lagi milik bapaknya Akilla, tp hasilnya ya seperti itulah.. Masih banyak editan untuk saturasi warna dan kecerahannya, karena lensa kamera ini burem hiks.. Ya sudahlah gak papa, dari pada gak ada sama sekali :)

Selamat malam dan siap-siap ngunyah martabak sambil nonton tv :)

No comments:

Post a Comment