Friday, February 28, 2014

Chiffon Cake Potong

Beberapa hari ini kenaren bikin cemilan gak ada memuaskan. Entah itu salah takaran, hasil uji coba atau apalah itu yang jelas hasil akhirnya saya kurang puas. Sampai-sampai saya begitu malas mau bikin cemilan lagi. Dan akibatnya? Si Bapak dan Akilla selalu klimpungan cari cemilan. "Killa makan apa, ma?" It's means dia mau cemilan hahaha. Si Bapak juga gak mau kalah, malam-malam buka kulkas, liat meja makan, tempat kue, "gak ono panganan, dek?" It's means dia juga cari cemilan. wakakakak. Dan berakhir ngluarin motor, "aku arep tuku gorengan" wakakakak.

Akhirnya tadi pagi, saat Akilla sekolah, emaknya nguplek bikin chiffon cake. Dasar senengnya uji coba mlulu, hasilnyapun kurang memuaskan. Seharusnya chiffon cake di taruh loyang tulban yang bongkar pasang tp saya pakai loyang kotak 20cm. Alasannya sih simple, bikin cuma sedikit trus pengen cake potong atasnya pakai topping keju yang banyak. Kalau chiffon cake tulban, kejunya paling cuma di taburi atasnya aja dan kurang banyak kejunya. Tapi apa akibatnya? walau loyang sudah di balik, tetep aja si chiffon ini gak mau tinggi mengjulang seperti pakai loyang tulban. Hiks. Tapi untuk rasa masih juaraaaa!! Lembut pake banget wakakakak. Seperti ini nih tampilan tekstur cakenya, kelihatan lembutkan? hihihi *kepedean :p




Chiffon Cake
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
3butir telur, pisah kuning dan putihnya
100gr gula pasir, blander jadi gula kastor
80gr tepung terigu protein sedang
40ml minyak goreng
60ml susu cair
1/4sdt vanila susu (bisa di ganti pasta yang lain)
1/4sdt baking powder

Cara:
Campur kuning telur dan 1/3gula kastor. Aduk rata.
Masukkan minyak dan susu cair. Aduk rata.
Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah di ayak beserta vanilla susu. Aduk rata. Sisihkan.
Di tempat terpisah, mixer putih telur sampai setengah mengembang, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sampai lembut.
Ambil sebagian putih telur, masukkan ke adonan kuning telur. Aduk rata menggunakan spatula.
Tuang kembali ke putih telur. Aduk balik sampai tercampur rata.
Tuang dalam loyang (sebaiknya loyang chiffon cake), tanpa di oles apa-apa.
Panggang dengan api kecil (sekitar 150derajad C) selama 45-60menit.
Angkat, balik loyang. Diamkan sampai dingin.
Keluarkan dari loyang, potong-potong siap di hidangkan :)

Saya suka bikin chiffon cake, terbilang sering bikin tapiiii gak pernah tayang di blog maupun FB karena hasilnya pasti brigindil. Gak sabar nunggu dingin, mau nglepas cake dari loyang aja maunya. hahaha.. Tapi habisnya cepet banget, lap lep lap lep gak terasa telah makan setengah loyang hahaha.. Cuma tadi ini kan pas di tinggal njemput Akilla, masih main-main dulu, jadi gak terasa cakenya udah dingin hehe..Tapi ya itu tuhm salah loyang hahaha.. Jadinya rada kempes hihihii..



gak papalah, buat cemilan nanti sore/malam buat Akilla dan bapaknya. Kalau emaknya udah dari tadi nyomot habis 3 potong wakakak.. Di rem nih, kalau keblaban bisa-bisa Akilla dan bapaknya gak kebagian. Hahaha.. Akillanya masih bobok sih :D

No comments:

Post a Comment