Monday, February 17, 2014

Sate Usus Pelo Ati

Sate usus biasanya jadi cemilan si Akilla kalau lagi nunggu pesanan mie ayam. Dia suka, mungkin karena gurih dan gak pedas. Saya sendiri tidak pernah mengolah yang namanya usus ayam. Saya beranggapan, susah bener ngolah usus. Takutnya ntar bau amis, makanya gak pernah beli. Tapiii, setelah tau Akilla seneng makan sate usus, jadi pengen bikin sendiri. Tanpa searching resep, pakai ilmu kira-kira yang sekiranya saya bisa. Saya beranggapan, kalau masakan yang penting ada bawang merah bawang putih, bawang bombai pasti sedep lah. Tanpa ada patokan komposisi. Beda kalau kita mau bikin kue/cake. Beda resep akan beda pula hasilnya. 


Nah, pas ibu sayur juga bawa usus ayam dan rempola hati juga. Kalau orang jawa sih bilangnya pelo ati. Pakai bumbu apa? Bumbunya ayam bakar sajaaaa, hahaha.. karena pakai bumbu itu bisa di pakai buat masak apa saja. Cuma kali ini gak di bakar, cuma diungkep saja trus ditusuk pakai tusukan sate. Oia, untuk usus ayam dan rempelo ati nya saya cemplungi ke air panas dulu, direbus sebentar. Tiriskan dan baru deh di ungkep dengan bumbu. Dengan cara begini lemak-lemak yang menempel jadi gak ikut kemakan. :)


SATE USUS PELO ATI
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
200gr usus ayam
5pasang rempelo hati ayam
tusuk sate

Bumbu:
7siung bawang merah
5siung bawang putih
2buah cabai merah besar, buang bijinya
sedikit jahe
2batang sereh
3lembar daun salam
2lembar daun jeruk purut
gula
garam
kecap
merica

Cara:
Rebus air dalam panci sampai mendidih. Masukkan usus ayam dan rempelo hati. Aduk-aduk sampai lemaknya terlepas. Tiriskan. Potong sesuai selera. Sisihkan
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe.
Panaskan sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu halus, sereh, daun salam dan jeruk purut.
Tumis sampai harum.
Masukkan usus ayam dan rempelo hati. Tuang air secukupnya. Bumbui dengan garam, merica, gula dan kecap manis. Ungkep sampai empuk dan air menyusut. Cicipi. Serasa sudah pas, tunggu sampai agak hangat/dingin.
Tusuk dengan menggunakan tusuk sate menyerupai sate. Siap disajikan.

Dan apa komentar si Akilla? "Enak, Ma..." sambil terus ngunyah. Alhamdulillaaahhh..
Untuk yang suka pedas, bisa ditambah cabe rawit di bumbu halusnya.. :)

No comments:

Post a Comment