Wednesday, March 22, 2017

DOUBLE CHOCO BROWNIES WITH MIX TOPING

Potong yuk dipotong browniesnya.. 😄
Lama gak ngebrownies. Liat stok bahan kue kok masih ada dcc. Dan bahan-bahan lain tentunya. Jadi brownies kali ini memanfaatkan yang ada, ngabisin stok drpd ekspired. Maklum abis lahiran si Dahayu emaknya disuruh ngelonin si Dahayu terus gak bisa bebikinan haha.. Baru sebulanan terakhir ini si Dahayu agak anteng kalau ditinggal baking. Dan alhamdulillah dirumah ada cemilan lagi haha.. 
Bikin malem, saat Dahayu bobok. Niatnya biar lebih cepet ngerjainnya tanpa ada selingan. Eladalaahh Dahayu boboknya bentar-bentar bangun nyariin emaknya. Semua bahan sudah terlanjur di timbang, telur dan gula sudah bersatu 😆. Dan akhirnya Akilla yg mengeksekusi dengan riang gembira karena dibolehin tanpa dilarang-larang haha. Untungnya bikin brownies ya.. tinggal aduk aduk campur campur. Emaknya tinggal tahap akhir aja, aduk rata, masukin loyang dan panggang hihi. Jadiii ini bikinan Mas Akilla 😂 Good job Nak.. 


DOUBLE CHOCO BROWNIES WITH MIX TOPING
By: Puji Rahayu "nandangwuyung"

Bahan:
3 butir telur
150 gr gula pasir (di mix dengan gula palem makin enak)
1/4 sdt garam
120 gr tepung terigu serbaguna
30 gr cokelat bubuk
1 sdt kopi bubuk instan (bisa di skip)
185 gr dcc (DCCnya tinggal segitu ciinn.. haha.. digenapin 200gr atau 175gr gpp deh ya.. )
150 gr minyak (ditimbang) -- diganti margarine dilelehkan boleh aja

Toping:
Keju cheddar parut besar
Almond
Chocochip

Cara membuat:
1. Tim DCC dan campur dengan minyak. Sisihkan. 
2. Campur telur dan gula, aduk dengan ballon wishker sampai gula larut.
3. Masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk dan kopi bubuk instan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
4. Tuang campuran dcc dan minyak. Aduk rata.
5. Tuang dalam 2 loyang 20x10 cm atau 1 loyang 30x10 cm (kalau mau lebih tebal), lapisi kertas roti dan oles minyak/margarin.
6. Beri toping diatasnya. Topingnya suka suka ya.. sebernya mau ditambah kismis kok lupa kismisnya belum di rendam air panas.. masih keras haha.. terus dalemnya juga mau dikasih milk choco biar makin manis.. ealah lupa juga.. cuma ada sedikit melt cheese tp gak kelihatan.. meleleh didalem. 
7. Panggang dalam oven dengan suhu 180 dc. atau pakai api sedang-besar selama 15 menit. Iyaa.. saya bikin brownies 15-20 menit. Karena apa? karena kalau 30 menit seperti kebanyakan orang lain, browniesku kering dan gak bisa melted/moist didalamnya. Saya lebih suka brownies yg dalemnya padat melted gitu. Waktu dikeluarin dari oven malah seperti masih mentah, masih goyang-goyang tp beberapa saat kemudian sudah set dan pas menurut kami sekeluarga. Jadiii.. silahkan kenali oven masing-masing ya.. Bisa jadi lebih singkat atau malah lebih lama. 
Nah seperti ini dalemnya, 
Pinggirnya matang empuk tp dalamnya masih seperti dodol cokelat haha..
Dan saat digigit maknyuuusss.. apalagi setelah diinapkan.. makin moist. Brownies makin moist kalau sudah menginap daripada yg fresh from the oven hihi.. 
Oia kenapa gak muncul shiny crushnya? karena ini cuma diaduk biasa. Kalau mau muncul shiny crushnya coba dimixer sampai gula larut dan lebih kental tp tidak sekental kita buat cake. Begituu.. atau bisa dilihat di postingan brownies yg keluar shiny crushnya ada disini (silahkan diklik).
Eheemmm.. mari ngunyah! 😄 

No comments:

Post a Comment