Wednesday, March 1, 2017

BUMBU DASAR PUTIH, si bumbu ajaib

Ini dia bumbu dasar andalan, si bumbu ajaib. Bisa dipergunakan buat segala macam masakan *didapur nandangwuyung*. Bumbu dengan 3 bahan saja, bawang merah, bawang putih dan kemiri.
Saya biasanya bikin selalu banyak, minimal 1 jar. Tapi seringnya 2 jar. Untuk takarannya, 300 gr bawang merah : 200 gr bawang putih : 10 butir kemiri. Haluskan semua bahan dan tumis sampai harum dan matang. Kalau sudah dingin masukkan ke jar bersih. Taruh kulkas atau freezer biar lebih awet. Kalau mau masak tinggal ambil pakai sendok bersih secukupnya.
Teruusss teruuusss bumbu ini buat masak apa saja? Kalau saya, masak apa saja bisa haha. Dari sekedar tumis, nasi goreng/mie goreng sampai soto/lodeh/kare. Tinggal tambahin bahan-bahan pelengkapnya saja. Seperti pada masakan Jangan Wak Pe dipostingan sebelumnya. Atau misal buat tumis, tinggal tambahin daun salam dan laos. Mau bikin soto? tinggal tambahin sereh, jahe, daun jeruk, kunyit bubuk dan merica bubuk. Lodeh? tambahin aja lengkuas, daun salam, dan ketumbar bubuk dan tentunya santan. Mau bikin ayam bumbu bali, tambahin aja pasta cabe merah, merica bubuk, lengkuas dan jahe. Garam dan gula pasir sesuai selera aja. Westalah bumbu dasar ini bumbu andalan. Lebih simple dan lebih hemat waktu. 
Selain bumbu dasar ini saya juga selalu sedia merica, ketumbar, pala, kunyit dalam bentuk bubuk. Selain itu juga daun salam dan daun jeruk kering. Masih berasa? Masih kok.. aromanya masih muncul saat dimasak. Oia, pasta cabai merah dan cabe hijau juga bikin. Caranya juga sama.. Halusin semuanya trus tumis sampai matang dan kemas jalam jar kemudian simpan dikulkas. Sewaktu-waktu butuh tinggal ambil pakai sendok bersih. 
Jadiii setiap kali masak gak perlu kupas-kupas bawang dan halusin bumbu-bumbunya. Tinggal plang plung plang plung mateng! Hemat waktu beib 😂 Secara skrg saya dituntun kerja super kilat mengingat ada si Dahayu yang jadi fans berat emaknya 😂😂😂.
Cobain yuk.. pasti ntar ketagihan bikin bumbu dasar seperti ini.. Jadi gak ada alasan gak ada waktu buat masak karena adanya bayi atau gak ada waktu krn keburu masuk kantor. Ini bener-bener menghemat waktu!

No comments:

Post a Comment