Wednesday, August 20, 2014

STRAWBERRY HOME MADE ICE CREAM (tanpa SP, tanpa telur)

Pengennya sih dibikin seperti banana split, tp kok ya tenggelam pisangnya hahaha.. lagipula kurang topping jadi gak mirip dengan banana split. Dan karena inilah kekuranganku dalam memoto minuman.. Panik duluan, takut es krimnya keburu mencair, jadi buyar semua ide, padahal ya udah disiapin sebelumnya. Alah tak tau lah.. mari terus belajar.. Supangaattt! :))
Oke terlepas dari foto memfoto, saya sudah lama gak bikin es krim. Kemaren sempet beli strawberry di pasar, berhubung rasanya kok asam banget, jadi Akilla gak begitu doyan dimakan buahnya. Ya sudah di olah jadi es krim saja. Dan benar, di es krimpun rasanya masih terasa asem. Tp enak sih, asem-asem seger hihihi. Masih sama es krim ini home made, tanpa emulsifier dan tanpa telur. Hasilnya pun tak kalah lembut dengan ice cream yang pakai emulsifier ataupun ice cream tanpa emulsifier yang pakai telur. Pasti enak kan? hihihi. Masih sama pakai tepung maizena sih, biar lebih padat teksturnya. Dan pakai susu uht, tp maaf itungannya ganjil ya, maklum pakai susu kemasan kotak kecil buat Akilla sih hihihi.

STRAWBERRY HOME MADE ICE CREAM
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
1sdm munjung tepung maizena
125ml susu uht
200gr susu kental manis (1/2 kaleng), dinginkan di kulkas
1/4sdt garam
50gr wiphcream bubuk
250ml susu uht dingin
100-150gr strawberry cincang
1/2sdt vanila susu L'arome

Cara:
Masak tepung maizena dengan 125ml susu uht sampai mengental. Aduk rata biar tidak menggumpal. Biarkan dingin.
Dalam wadah lain, masukkan susu kental manis dan garam, kemudian tuang adonan maizena, mizer sampai tercampur rata, pastikan tidak ada yg berbutir.
Masukkan wiphcream bubuk, aduk rata, baru nyalakan mixer (biar wiphcreamnya tidak berterbangan haha).
Tuang susu uht sedikit demi sedikit sambil terus di mixer kecepatan tinggi.
Mixer terus sampai mengental dan mengembang. Matikan mixer.
Diamkan di freezer sampai pinggir-pinggirannya mengeras (lamanya tergantung kondisi freezer masing-masing ya..)
Keluarkan dari freezer, aduk rata, mixer lagi sampai mengembang lagi. (ini akan menghasilkan volume lebih banyak dan lebih lembut).
Bagi beberapa bagian, mau di beri rasa apa tergantung selera ya.. Kalau saya, separuh di beri cincangan strawberry dan vanila susu.
Cincangan strawberry cukup di mixer sama adonan es krimnya, jadi ntar ada yg larut sama adonan dan ada juga yang masih berbentuk cincangan strawberry. Enak, jd krenyes-krenyes hihi..
Kalau yg rasa vanila susu, tinggal nyampur begitu saja pakai sendok, yg penting semua tercampur rata.
Bekukan di freezer.
Siap di nikmati

Dan inilah 2 rasa tersebut yang ingin sperti banana split haha,

Tuh kah.. yg vanila udah mencair.. hiks.. hasilnya lebih lembut dan padat yang vanila, karena tanpa campuran cairan lagi. Sedangkan rasa strawberry lebih cair karena ada strawberry membawa cairan juga kan? hihihi. Apapun lah tetep enaaakk.. segeeerrr...

No comments:

Post a Comment