Saturday, September 7, 2013

Pancake Cokelat Mini Putel with Ice Cream Chocochip

Serba cokelat deh pokoknya.. Pancake cokelat, es krimnya cokelat plus ada chocochipnya.. Manteeeppp!!

Masih memanfaatkan si putel di kulkas. Bagaimanapun si putel (putih telur) harus habis, entah mau dibikin apapun. hehe.. Sayang banget kalau di buang. Tp untuk dibuat masakan saya kurang suka karena masih berbau si putelnya. Satu-satunya penghilang aroma putel ya cokelat, bagiku :)

Sebenernya pengen bikin waffle yg bentuknya motif kotak-kotak gitu. Tapi berhubung dan di hubung-hubungkan diriku gak punya cetakannya *nyengir kuda :p*. Jadilah pancake aja hehehe. Yang cukup di pan di wajan teflon. Tapi kali ini saya bikin versi mini, di cetaknya pakai snack maker bulat :).

Waffle sebenernya gak jauh beda ya sama pancake. Pancake (bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar. Bisa juga di tambahan pengembang kue seperti baking powder. Dan biasanya setelah hangat/dingin, pancake ini disajikan bersama es krim, atau bisa juga di beri topping daging asap dan mayonais. Jadi ada 2 varian rasa, manis dan asin.
Dan penggunaan putih telur yg di mix sendiri bisa membuat hasilnya lebih plufy, tebal tapi ringan. Ada rongga-rongga udara yg terperangkap dalam adonan. Jadi, hasilnya empuk. Walaupun kali ini yg saya bikin tanpa kuning telur. Hasilnya gak jauh beda sama pancake yg menggunakan telur utuh, malah lebih empuk ini menurutku hehe. Dan sepertinya cocok buat penderita kolesterol ya, kan tanpa kuning telur. Trus susunya diganti sama susu kedelai. Ntar toppingnya juga diisi sayuran. Hmmm.. sepertinya bakal enak.. Ok deh, itu next project deh! hihihii

PANCAKE COKELAT MINI PUTEL with ICE CREAM CHOCOCHIP
by: Puji Rahayu

Bahan:

50gr tepung terigu
2sdt cokelat bubuk
1sdm gula pasir
1/4sdt baking powder
1/4sdt garam
100ml susu (saya pakai susu UHT)
2sdt minyak sayur
50ml putih telur

Cara:
1. Campur tepung terigu, cokelat bubuk, gula, garam dan baking powder. Tuang susu dan diaduk dengan menggunakan wisk aja -- ini bagian Akilla yg ngaduk, sayang gak ke poto huhuhu
2. Tambahkan minyak sayur.
3. Sembari menunggu Akilla 'mainan' adonan, putih telur di mixer sampai berbusa lembut.
4. Ambil alih adonan dr Akilla, campurkan dengan putih telur. Aduk perlahan sampai tercampur rata.
5. Panggang di teflon yg sudah dipanaskan (tp jangan terlalu panas, pakai api kecil saja). Jika pinggir-pinggirnya sudah muncul gelembung-gelembung kecil, balik. Tunggu berapa saat. Angkat.
6. Sajikan bersama ice cream. Kali adanya yg rasa cokalat, jadinya serba cokelat :D

Plufy ^^
Note:
Ini resep hanya untuk 2-3porsi saja yaaaa.. kalau untuk rame-rame bisa ditambah takarannya ^^
Karena pancake ini enaknya segera disajikan, jadi gak perlu bikin banyak-banyak, toh alap-alapnya cuma 2 biji (mama dan akilla), tp lumayan untuk cemilan siang hari. Haduuuhhh, begini cemilan? hihihii.. huuh, cemilan setelah nyantap makan siang :))

No comments:

Post a Comment