Monday, December 21, 2015

BERNOSTALGIA DENGAN BOLU ZEBRA JADUL, RESEP IBU!

Bulan desember ini temanya bikin mewek. Gak di iklan, gak di grup, gak di website, dimana-mana temanya hari ibu. Pokoknya hari emak deh.. Terlebih saat ini saya juga jadi emak-emak hihi. Begitu juga NCC juga sekarang ngadain nccweeks-masakan ibu. Duuhh, meresap banget deh temanya..


Dan ngomong-ngomong masakan ibu, lidah saya sudah "ibu" banget. Jadi acuan semua olahan dapur saya ya mengingat-ngingat rasa dari makanan si ibu dulu, baik itu makanan ataupun kudapan. Dan saya ingat betul, pertama kali hidup berumah tangga dan belajar masak saya selalu telepon ibu, bahkan jumlah dari bawangpun saya tanyakan haha.. Seperti halnya kudapan yang satu ini, bolu zebra jadul. Siapa coba yang gak kenal kudapan yang satu ini. Walaupun berbeda-beda resep tetep ada bolu ini jadi primadona. Teruuss, kenapa bolu zebra ini ada kata jadulnya? Karena ini juga resep jadul dari ibu hehe.. Eiittss jangan menganggap ada kata jadul bolu ini terasa seret ya. Ini empuukk lhoo tapi masih berasa jadulnya. Setiap gigitan ini serasa bernostalgia ke masa lampau saat menikmati bolu zebra bikinan ibu. Dan merasakan kembali kehangatan keluarga kami, merasakan kembali kasih sayang ibu kepada anak-anaknya. Yang kala itu kami, anak-anaknya sangat senang melihat bolu bermotif seperti kulit zebra. Sampai-sampai adik saya yg waktu itu usia 4tahunan bertanya, "kok bisa ibuk bikin kue seperti zebra, buk?". Jawab ibu, "iya, ibuk tadi ketemu ibu zebra dipasar terus diajari bikin seperti kulitnya zebra". Weess menghayal tingkat tinggi. hahaha. Hiks, jadi kangen ibu.. Semoga ibu selalu sehat dan terimakasih buat kenangan manis yang terus mengalir di dapur ini.. *mewek T_T*


Aaahh masa kecil yang menyenangkan.. Mengharukan dan menggelikan kalau di kenang. Terlebih sekarang kami yang dulu masih anak ingusan sekarang sudah ngemong bocah semua. Tugasnya jadi bertambah nih.. hihi.. Sekarang kami sebagai ibu yang harus mengenalkan makanan-makanan nenek mereka kepada anak-anak kami.. :)



BOLU ZEBRA JADUL
by: Ibu Tercinta
(Puji Rahayu W.)

Bahan:

3 butir telur
1 kuning telur
120 gr gula pasir
½ sdt cake emulsifier
125 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt baking powder
¼ sdt garam
75 ml santan
25 gr margarine, cairkan
½ sdt pasta cokelat

Cara:
Campur santan dan margarine cair, aduk rata. sisihkan.
Mixer telur, kuning telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai kental berjejak.
Masukkan tepung terigu protein sedang, baking powder dan garam yang sudah diayak, gunakan speed paling rendah, aduk rata.
Tuang campuran santan dan margarine cair, aduk rata.
Bagi 2 sama rata. Satu bagian campur dengan pasta cokelat.
Siapkan loyang tulban 20cm yang telah dioles margarine dan tabur tepung terigu.
Tuang 4 sendok makan adonan putih melingkar di loyang tulban, tindih adonan putih dengan adonan cokelat, lakukan berulang sampai adonan habis.
Seperti ini,

Panggang dengan suhu 180°C selama 20 menit.
Angkat, keluarkan dari cetakan tulban. Hilangkan uap panasnya.
Potong-potong dan siap disajikan.


Cakep ya motif zebranya? hihi
Beneran lho cakenya ini lembut, gak seret. Karena plus kuning telur 1biji, terus tepungnya juga gak banyak, trus pakai santan pula. Lembuutt deh.. Cobain yuk.. ;)
Dan alhamdulillah, bolu zebra jadul ini sukses mendarat dengan selamat di email nccmasakanibuweeks@gmail.com itu artinya di terima oleh ibu-ibu host dan bagde ini buktinya ;) Dan sudah tayang di blog http://nccmasakanibuweeks.blogspot.co.id lhoo.. Ada disini linknya ;)

Aseeekkk... Pengen juga? Ikutan juga yuukkk.. Pasti banyak kan yang dapat warisan ilmu dari ibu :)
Selamat hari ibu yaa... Love you, Ibuk!

No comments:

Post a Comment