Tuesday, September 8, 2015

BURGER TEMPE

Tempe adalah olahan berbahan kedelai yang di fermentasi. Makanan ndeso bisa bertransformasi jadi makanan londo. hehe.. Yah, mungkin banyak temen-temen di luar negeri yang protes dengan menyebut tempe adalah makanan ndeso. Karena di luar negeri sono untuk bisa menyantap tempe susah banget kalaupun ada harus membeli dengan harga mahal atau bahkan mereka harus membuat tempe sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan di negara kita ini, di tukang sayur pasti menjual tempe hanya dengan harga 2rb rupiah saja sudah dapat 1 papan tempe dengan berat kurang lebih 250gr. Padahal kedelainya juga import! Diluar negeri susah makan tempe, di sini banyak pengusaha tempe, tapi kedelainya dari negeri orang. Inilah Indonesiaku! 

Tempe yang biasanya hanya di goreng, kini bisa juga dibikin burger. Rasanya pun tak kalah dengan burger dengan isian daging. Bikinnyapun cukup mudah. Munkin untuk penggemar tempe yang di olah ini mirip sama tempe mendol, tempe yang dihaluskan dengan bumbu kencur. Namun, untuk burger tempe ini, tempe dihaluskan bersama bumbu bawang putih dan bawang bombai seperti halnya isian daging pada burger. Untuk burger bun bisa menggunakan burger bun yang sudah jadi atau mau bikin sendiri juga tak mengapa :D. Kalau mau bikin sendiri, resepnya ada disini.

Penasaran sama rasanya? Mari bikin dengan resep ala nandangwuyung :)

ISIAN TEMPE
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr tempe
3 siung bawang putih
1/2 butir bawang bombai
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1 butir telur

Cara:
Kukus tempe sampai matang.
Haluskan bersama bahan lain.
Bagi menjadi beberapa bagian
- ini saya timbang masing-masing 50 gr, karena burger bun yang saya gunakan kecil-kecil -
Bulatkan dan pipihkan.
Panggang di wajan datar yang bersemir margarine, gunakan api kecil ya.. :)
Bolak balik biar gak gosong :p
Angkat dan siap digunakan sebagai isian burger.

Untuk bagian susun menyusun nya masih seperti biasa, burger bun di panggang sebentar di teflon, kasih mayonaise, selada, tempe, mentimun, tomat dan bawang bombai yang sudah di tumis dengan margarine *kalau mentah Akilla gak doyan :D*, kasih saus tomat/saus sambal, keju atau saus lain kegemaran kalian ^^. Terakhir tutup lagi dengan separuh burger bun. Siap dinikmati :)

Mari kita makan tempe di saat harga kedelai import makin tinggi! Hidup tempe! :D

No comments:

Post a Comment