Thursday, June 12, 2014

AMERICAN RISOLES (AMRIS)

Kalau bikin beginian, yang model mendadar tipis gini ini nih, butuh sejuta niat.. wakakakak.. lebay amat yaaakk! Sumpah! saya malas bangat kalau diminta membuat kulit lumpia, risoles atau sejenisnya. Tapi saya suka makannya! jiahahaha. Jadi kalau emang pengen banget harus ngumpulin niat berhari-hari dan harus lengkap sejuta niat baru deh bikin :D. 
Ada mozza di kulkas dianggurin terus, jadi kepikiran bikin amris, si America Risoles, sudah terbayang gurih, melimpahnya mayonaise dan molornya si mozza. Cocolin saus sambal atau saus tomat, nyaammm.. Tapi konsekuensinya, pasti ini yang makan hanya aku dan Akilla saja, si bapak jenis makanan seperti ini pasti gak doyan. Kalau ada pilihan lumpia sayur pasti dia milih tuh lumpia dari pada amris. hehe. Tak apalah, sudah terkumpul sejuta niat, gak bakalan aku urungkan. Lagi pula si amris ini bisa tahan di freezer atau kulkas, jadi gak harus dihabiskan sekaligus. Kalau lagi pengen goreng aja seperlunya. Kalau saya mah, sekali goreng 3biji, 2 biji saya yang menghabiskan, sebiji lagi buat Akilla. Si bapak? Paling nyicipin segigit punya Akilla :D
Kulit amrisnya aku bikin tipis, tp gak mudah sobek plus semi ekonomis hihihi. Cairannya separuh susu cair separuh air biasa. Makluuumm, susu cairnya hasil ngembat susu uhtnya si Akilla. haha. Saya pakai teflon ukuran 20cm, hasilnya 13lembar. Yah bisa disesuaikan lah lebarnya, hasilnya jadi ntar sekitar 12-14lembar, lumayan lah buat cemilan.. :). Selain bisa untuk amris, bisa juga untuk isian risoles yang lain.



KULIT RISOLES
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
85gr tepung protein sedang
15gr tepung tapioka
1butir telur
1/2sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1/4sdt sedikit gula
150ml susu cair
150ml air
2sdm minyak sayur

Cara:
Campur tepung terigu, tepung tapioka, garam, gula dan merica, aduk rata.
Buat lubang di tengahnya, masukkan telur, kocok perlahan pakai ballon whisker.
Tuang susu cair sedikit demi sedikit, lanjutkan dengan air.
Masukkan minyak. Aduk sampai rata.
Saring biar hasilnya muluuuussss..
Panaskan teflon, pakai api paling kecil.
Ambil sesendok sayur, dadar tipis. Biarkan sampai matang, tp tidak gosong :D
Angkat, lakukan sampai habis

BAHAN PELENGKAP AMRIS:
3butir telur rebus, belah menjadi 4bagian (terserah lah mau di bagi berapa hihihi)
daging asap/sosis diiris tipis, tumis sebentar pakai mentega
keju mozzarella
mayonaise
Saus tomat/sambal

Pelapis:
1butir telur ukuran besar, kocok lepas (atau 2butir ukuran kecil)
tepung panir.

Penyelesaian:
Ambil selembar kulit risoles
Isi dengan telur rebus, mayonaise, sosis/daging asap dan keju mozza. Mayonya banyakin gpp, ntar pas digigit meluber, waahh mantab hehe..
Lipat seperti amplop dan gulung.
Lakukan sampai habis.
Celup di kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, lapisi sampai rata.
Simpan di kulkas miniman 15menit, biar saat di goreng tepung panirnya gak banyak yang terlepas.
Bisa langsung di goreng, atau disimpan sebagian di freezer, saat pengen, baru keluarin beberapa biji, taruh di suhu ruang, biarkan sampai tidak keras, baru goreng deh..
Di cocol sama saus sambal/tomat.


Saat digigit, rasakan gurihnya, melubernya mayo dan molornya si mozza, ditambah lagi sosis dan telur rebus. Nyaaammm.. *ngetik sambil nelen ludah :p*. Aseli ini gak eneg kayak yg di jual-jual. Kulitnya lembuuutt di dalam, krispi di luar.. Dimakan sama saos sambal, sekali makan langsung 2biji :D

No comments:

Post a Comment