Wednesday, January 24, 2018

ROTI TAWAR Super Lembut dan Empuk

Terlihat lembut kan? 😅
Awalnya sih Akilla minta roti tawar, pengen dioles sama selai coklat kacang yg tinggal seuprit 😂. Beli di minimarket kok pas habis. Ya udah malem-malem mainan tepung 😅. Asal cemplung sih ya.. Pengen roti tawar yg putih, jd skip kuning telur, terus pakai whipcream biar hasilnya lembut. Iya, pakai whipcream bisa membuat roti lebih lembut, cobain deh, buat semua rerotian. Roti manis ataupun donat jd lebih lembut hasilnya. 

Waahh rajin sekali malam-malam bikin roti. Eeeiittss, pakai mixer saudara saudaraaa haha.. pakai stand mixer philips. Iya, type handmixer itu. Saya kalau bikin rerotian ya pakai mixer, jarang sekali nguleni pakai tangan, capek haha.. Mixernya gak jebol? Alhamdulillah mulai beli thn 2011 aman sampai skrg, asal maximal tepung yg digunakan 300gr atau sekitar 500gr adonan roti. Gunakan speed 1, biar mixernya gak cepet panas. Dan yg pastinya jangan seharian penuh dibuat ngeroti hihi.. saya paling gak seminggu sekali masih aman mixernya. Dan semoga aweeetttt. Aamiin.
Balik lagi ke Roti Tawar Nan Empuk Lembut 😆, resepnya begini, saya tulis di blog biar kalau saya mau bikin lagi tinggal contek disini haha.. maklum mudah lupa. Skalian sharing juga ya.. kali aja ada yg mau pakai resep ini. 

ROTI TAWAR EMPUK LEMBUT
By: Puji Rahayu "nandangwuyung"

Bahan:
300gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt ragi instan
20gr whipcream bubuk
30gr gula pasir
1 sdm munjung susu bubuk dancow 
Sekitar 160ml air es
1/4 sdt garam
30gr butter

Cara membuat:
--- semua proses menggunakan mixer philip ---
Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, whipcream dan susu bubuk. Aduk rata.
Tuang air es sedikit demi sedikit sampai tercampur rata. 
Masukkan garam dan butter. Mixer kembali sampai adonan kalis elastis.
Nah seperti ini kalau udah kalis elastis, dibentangkan bisa melar tipis,

Bulatkan dan proofing, mengembang sampai 2 kali lipat.
Kempiskan adonan, bagi 4 bagian.
Gilas tipis dan gulung.
Tata dalam loyang loaf atau loyang roti tawar. Diamkan lagi sampai mengembang 90% volume loyang. 
Panggang suhu 200derajad selama 20 menit. Angkat, oles permukaannya dgn butter.
Biarkan uap panasnya hilang, potong-potong dan siap disajikan.

Bikinnya kan malam, diiris 2 potong setelah matang, empuuukk beneran enak. Akilla sampe gak tidur nunggui roti ini mateng haha. Habis makan roti, terus tidur 😂.
Setelah itu saya simpan dalam wadah tertutup, esok pagi harinya saya potong lagi buat sarapan dan bekal si Akilla, tetep empuukk. Dan siang harinya saya foto ini, masih lembut empuk 😍. Dan sampai saya posting resep ini (hari ke2) masiihh emppuukkk.. tentu ditaruh wadah tertutup ya.. 😊 Sukaaakk deh sama resep ini. Next pakai resep ini lagi ah.. Buat roti manis sepertinya juga oke, tinggal nambah takaran gulanya aja 😉
Dan ini divideoin betapa lembut dan empuknya roti tawar ini 😄

Dan untuk behind the scene pengambilan foto ini sangat sederhana, alas dan background gelap, sumber cahaya sebelah kanan. Hanya itu.. Dan diambil menggunakan kamera smartphone samsung J5.

Dan sedikit sentuhan editing menggunakan snapseed, tulisan menggunakan aplikasi Phonto. Dan Done! 😉

Selamat berkreasi! Semangat baking, semangat jepret! 

3 comments:

  1. Wah, keren, malam-malam bikin roti. dan si bocah pun setia nungguin sampai matang

    ReplyDelete
  2. Kapan2 coba bikin roti tawar ah, punya cetakan dr zaman kolobendu gak dipakai2 hahahaha. Btw jendelanya gak pakai gorden ya, cukup kre hijau itu ya mbk ?

    ReplyDelete