Saturday, January 16, 2016

OSENG PAKIS, TUMBUHAN PAKU YANG KAYA MANFAAT

Pakis, sayur pakis. Ini adalah tumbuhan paku, yang diambil bagian pucuk/muda yang masih lunak jadi bisa dimakan dan aman untuk di konsumsi. Ciri fisik gampangnya sih ya yang pucuknya masih melungker seperti yg ada di foto diatas. Biasanya tumbuhan ini tumbuh di dataran tinggi, di dekat sumber air atau daerah yang lembab. Di gunung banyak ini hihi, dulu seneng banget kalau pas naik gunung nemu sayur ini. hihi.
Banyak manfaat yang ada dalam tumbuhan paku ini, vitamin A, B komplek, C, Kalium dan lain-lainnya.. Keterangan lengkapnya bisa dilihat di link ini ya :). Yang pasti sayur ini rendah kalori, lemak dan kolesterol :D.
Sayur ini biasanya di gulai, di masak sayur santan. Kalau di keluarga saya sih sukanya ya di tumis atau di oseng saja. Yah tergantung kegemaran masing-masing lah.. :)
Dan ngomong-ngomong oseng pakis dan keluarga, sayur pakis ini bercerita bagi keluarga kami. Kami kebetulan tinggal di lereng gunung raung, di desa, di dataran tinggi. Di tempat yang seperti ini tumbuhan paku banyak tumbuh. Dulu kami sering ambil di sekitar sumber air atau dikasih tetangga (yang juga ngambil disana juga sih hihi). Ibu seringnya sih di oseng dengan bawang putih dan bawang merah aja. Biar cepet mateng dan anak-anaknya suka karena tidak pedas 😁.
Sekarang pakis ini masih ada sih tapi harus beli (yaiyalaahh hihi..)


OSENG PAKIS
by: Puji Rahayu W.
Bahan:
3 ikat sayur pakis, siangi, cuci bersih
3 siung bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
½ sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara:
Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukan sayur pakis, beri sedikit air. Masak sampai matang.
Angkat dan siap disajikan.


Cukup mudah buatnya, lumayan buat ngobatin rasa kangen masakan ibu :)

Dan ini juga sudah saya ikutkan dalam ncc masakan ibu week lhoo.. wish me luck ya.. :)

Pengen ikutan juga? ayoohh ikut diperpanjang sampai akhir januari ini lhoo :) dan nanti bisa mejeng di blognya ncc masakan ibu juga lho ;). Ada disini linknya ;)

No comments:

Post a Comment