Saturday, January 16, 2016

CHIFFON CAKE PANDAN NAN CANTIK!

Kue ini dulu kami menyebutnya kue kempus kempus hahaha. Karena kue ini empuk dibandingkan dengan bolu-bolu yang pernah dibikin ibu. Pakai daun pandan yg ditumbuk, wangi pandan dan warna ijonya alami. tapi kalau sekarang sudah langka daun pandan suji, pakai pasta pandan sajalah 😁😁.
Dulu ibu itu gak paham sama loyang bongkar pasang, pokoknya bilang beli loyang chiffon. Sampe rumah ibu bingung kok loyangnya lepas. Akhirnya di patri ke tukang patri keliling. Buntulah si loyang. Tapi kehebohan mulai muncul saat bikin kue chiffon, susah ngluarinnya. Akhirnya ya sebisa mungkin kue ini dikeluarkan walaupun bentuknya gak cantik. haha. Eh tapiii kuenya tidak bertahan lama walaupun bentuknya brigindil haha.. cepeett abiiss.. 😁. Sampai sekarang kalau pulang ke rumah ibu liat loyang itu jd tertawa sendiri.. hihi.. Ibu ibuuu..😁   


CHIFFON CAKE PANDAN
By: Puji Rahayu W.

Bahan A:
3 kuning telur
40 gr gula pasir
¼ sdt garam
60 ml air
50 ml minyak goreng
100 gr tepung terigu
20 gr susu bubuk
½ sdt baking powder
½ sdt pasta pandan

Bahan B:
3 putih telur
100 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis

Cara:
Campur semua bahan A, aduk pakai whisker sampai tercampur rata. Sisihkan.
Mixer putel sampai berbusa, tuang gula pasir sedikit demi sedikit sampai gula larut dan putih telur  lembut, tambahkan air jeruk nipis, mixer lagi sampai soft peak.
Masukkan 1/3 adonan putih telur ke adonan kuning telur, aduk balik pakai spatula. Masukkan kembali ke adonan putih telur. Aduk balik sampai bener-bener tercampur rata.
Tuang dalam loyang tulban bongkar pasang tanpa di oles apapaun.
Oven dengan suhu 150oC selama 45 menit. Angkat.
Balik loyang disangga dengan botol/gelas sampai dingin.
Keluarkan cake dengan dengan bantuan pisau untuk memotong bagian pinggir.
Potong-potong dan siap disajikan.

Cantik ya warnanya.. Ini memang pakai 3 telur saja di loyang 22cm, tapi hasilnya ini gak penuh ya.. :) 
Dan berhubung sudah lamaaa gak bikin chiifon cake, lupa lah saya seberapa besar apinya. Akibatnya api agak kebesaran. Seharusnya matang 40 menitan, ini 30 menit sudah rada eksotis permukaannya hih. Untuk ditengok, coba kalau dibablasin 40 menit bisa gosyooonng nih kue :p. Dan gak hanya itu, rada kimpes dikit di bagian atas, tp rasa masih tetep lembuuuttt dan empuuukkk.. Gak sampe sehari kue ini amblaasss.. hihi

Kalau narasinya masalah ibu sudah pasti tau lah kalau ini buat ncc masakan ibu - weeks ya.. :)

http://nccmasakanibuweeks.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment