Friday, March 27, 2015

Challenge #9 YKMK, RAINBOW CAKE IN JAR

Sebelumnya, terimakasih buat YKMK atas perpanjangan waktunya. Jadi saya bisa ikutan. Bulan ini berasa bulan yg sibuk *atau sok sibuk? hihi*. Dari kami sekeluarga yg jamaah sakit, terus dapat kabar nenek juga sakit, akhirnya njenguk. Pulang-pulang rasanya juga ikut sakit, capek semua. Akibatnya terbengkalailah semuanya, termasuk ikutan challaenge ini. Apalagi challenge kali ini bikin rainbow cake alias cake pelangi, macem-macam tuh warnanya. Ditaruh jar pula, makin menguji kesabaran. haha.. Tapi terlaksana lhooo, walau hanya 4warna hehe..

Sebenernya tulisannya di templokin ke jarnya, tapi saya kebingungan, kalau di templokin kertas begitu lebar warna-warna jadi ketutup, akhirnya dimodel begini deh.. Gpp ya? hihi. Dan ini adalah sesi motret yg ke dua kalinya. Yg sesi pertema udah ditata cantik, eehh tulisan yg sudah dibuat lupa diikut sertakan sebagai model pnemotretan. Sudah di poto dan kuenya sudah dimakan, saat naruh jarnya, eaaa tulisannya ada diatas meja dengan cantiknya. Matahari udah terlanjur tenggelam, ya sudah harus sabar untuk nunggu pagi hari. Untungnya, tidak semua cake saya potong-potong, masih ada sebagian yg masih lembaran. Dipotong-potong lagi, susun lagi dengan buttercream, tata dan siap pemotretan sesi kedua. hihi.

Udah ah cerita dibalik pemotretan hihi. Saatnya bahas resep ya.. :) Ini pakai vanilla sponge cake kukus. Base resepnya sih pakai Cake Keju Kukus, karena cakenya lembut dan empuk. Cuma karena gak punya cheese cream jadi hanya pakai vanila susu. Tetep enak kok, gak mudah robek walau tipis, lentur. Kalau bikin ranibow cake, saya bikin di kukus karena warnanya jadi cantik, lebih muncul dari pada di oven. Oke baiklah, ini resep yg saya gunakan.

RAINBOW VANILLA SPONGE CAKE
by: Puji Rahayu

Bahan:
4butir telur
150gr gula pasir
1sdt emulsifier
120gr tepung terigu
10gr tepung maizena
1/4sdt baking powder
1/8sdt garam
1/2sdt vanilla susu l'arome
120ml minyak goreng
80ml susu cair
perwarna merah, kuning, hijau dan ungu

Cara:
Siapkan kukusan dan panaskan.
Siapkan loyang kotak 20cm, oles-alas-oles. sisihkan.
Campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, vanillla susu dan garam, ayak. Sisihkan
Mixer telur, gula dan emulsifier sampai kental berjejak.
Turunkan speed mixer, masukkan tepung-tepungan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
Tuang minyak dan susu, aduk rata. Matikan mixer.
Bagi menjadi 4 adonan, masing-masing diberi pewarna. 
-- bisa menggunakan lebih dari 4warna, tp jumlah adonan ditambah ya..(bikin 1,5resep/6telur). kalau ini dibagi 4 menurutku tebalnya sudah pas, gak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal--
Kukus sekitar 10menit atau sampai matang.
Angkat dan dinginkan.
Potong dengan cutter bundar sesuai diameter jar yang digunakan.
Susun dengan berlapis buttercream. Hias atasnya dengan sprinkle.
Siap disajikan.

Dan untuk pertama kalinya bikin cake in jar. Rasanyanya gimana gitu. Mungkin kalau pakai jar yang dari atas sampai bawah diameternya sama mungkin gak ada masalah ya.. Cuma jar yang saya pakai ini dibagian leher lebih kecil otomatis ada tragedi pemaksaan. haha. Terus untuk gelas yang tinggi, dari bawah sampai atas diameternya makin membesar, bingunglah saya mencari cutternya. Dari pangkal spuit sampai tutup tumbler haha.. Tapi hasilnya lumayan kan? :D


Nah untuk buttercream lembutnya masih setia pakai resep yang sudah pernah saya share. Bisa dilihat disini untuk resep bikin buttercreamnya.

Dan ini behind the scene nya,

Foto diambil masih menggunakan kamera saku, mode macro. Sumber cahaya dari jendela, sebelah kanan atas, gak sebelah kanan persis sih, arah jam 4-5. Reflektor dikasih kain hitam tipis biar gak hitamnya makin asoy haha.. Background dan alas nyambung, kain hitam, tepatnya sarung hitam haha.
Terus diedit di photoscape efek dranken. Siap di pamerkan.. hihi.. Oia, kayu bulet yang sebagai tatakan jar itu apa hayooo? pengennya sih talenan kayu bulet yang sedep dilihat, tp kok ya gak punya. Adanya cobek kayu yang sudah lama gak dipakai karena lama halusnya saat nguleg. Akhirnya di tengkurepin, bisa buat properti poto! hahaha

Sukses slalu ya YKMK, semoga kedepannya makin warna warni seperti pelangi di hati member dan pengurusnya.. :)

No comments:

Post a Comment