Tuesday, January 20, 2015

PR LBT #37: SIMPLE CUPCAKE

Sudah lama gak bersalaman dengan cupcake dan buttercream. Akibatnya mesti nglemesin tangan lagi buat megang spuit. Dan ini khusus saya bikin buat Grup LBT, Let's Baking Together yang lagi ulang tahun. Ultah yang ke-4. Selamat ulang tahun LBT, semoga makin banyak ilmu barokah yang didapat dan di bagikan di grup ini. Semoga tetep solid, selalu hangat dan sukses buat semua.. Aamiin :)

Di PR kali ini gak ada tema khusus bikin apa, jadi bikin kue apapun yang di panggang. Tapi ulang tahun itu rasanya selalu identik dengan kue tart ya.. kue yang di hias buttercream atau fondant. Pilihan saya bikin cupcake saja, karena apa? ukurannya yang relatif kecil, yang mau makan jadi gak merasa kenyang duluan hihi. Dihias simpel saja, pasti keluarga suka. Apalagi si Akilla, apapun yang yg ada buttercreamnya pasti suka. Apalagi buttercream bikinanku lembut, gak ngendal dan enak.. *eheemm.. hahaha. Yasudah ini resep simple cupcake yg saya pakai, metode all in one, hasilnya empuk dan lembut :)




SIMPLE CUPCAKE
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
50gr tepung terigu serbaguna
50gr gula pasir
1/2sdt cake emulsifier
1/4sdt baking powder
3kuning telur
2putih telur
1sdm susu cair
1/8sdt vanila susu
50gr margarin cair

Cara:
Mixer semua bahan kecuali margarin sampai kental.
Masukkan margarin cair. Aduk rata.
Tuang dalam cetakan cupcake.
(Saya isi tengahnya dengan selai strawberry -- optional)
Panggang sampai matang.
Angkat, dinginkan dan dihias dengan buttercream.
Siap dihidangkan.


Hasil 12cup kecil.

Note: Kalau suka cupcake yang padat, jumlah tepungnya bisa ditambah lagi atau pakai resep yang disini. Selera masing-masih aja deh.. Karena ada yang suka cakenya empuk ada juga yg suka cakenya padat jd kokoh gitu saat di hias buttercream :)
Nah untuk resep buttercream sepertinya juga sudah pernah saya tuliskan disini tp tak apalah saya tulis ulang aja ya.. :)

BUTTERCREAM
By: Puji Rahayu W.

Bahan:
250gr margarine putih (merk apapun, saya pakai merk menara)
250gr soft cream (saya biasa pakai merk merrywiph) -- ini entah di sebut soft cream atau tetep margarin putih, tp tekturnya lebih lembek daripada margarin putih biasa. 
100ml simple sirup (dari 100ml air + 100gr gula pasir)
susu kental manis sesuai selera
1/2sdt garam

Cara:
Mixer margarine putih sampai mengembang, tuang simple sirup sedikit demi sedikit.
Masukkan merry wiph, mixer lagi dengan kecepatan tinggi sampai bener-bener ringan.
(kalau saya antara 45menit - 1 jam -- ini hasilnya akan ringan, lembut dan tidak ngendal di lidah).
Masukkan garam dan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil dicicipi tingkat kemanisan yang diingikan.
Dirasa sudah pas, matikan mixer dan buttercream siap di gunakan.
Bisa bertahan di suhu ruang 4harian (atau asal gak lebih dr seminggu di tempat terbuka, bisa jamuran hihi.
Lebih aman di pakai langsung atau masukkan dalam kulkas. Kalau mau di pakai, keluarkan biarkan suhu ruang, mixer kembali sampai lembut. 
(kalau saya cuma saya aduk aja pakai ballon wishker atau sendok hihi)

Sudah semua kan? resep cupcake nya sudah, resep buttercreamnya sudah.. saatnya saya berdoa semoga saya beruntung.. hihi.. etapiii saya sudah senang bisa ikut meramaikan ulang tahun LBT.. Selamat ulang tahun LBT.. :)

4 comments: