Wednesday, January 8, 2014

HomeMade Mayonaise

Ceritanya ini bikin pizza tapi cocolan mayonaisenya habis. Biasanya sih beli kemasan pabrik. Tapi kok ya gatel juga pengen ikutan bikin seperti temen-temen yang lain. Dan sepertinya bahannya mudah dan gak terlalu ribet bikinnya.
Dan berbekal sumber dari grup tercinta kami, LangsungEnak.net dan resep aslinya ada disini saya akhirnya mencoba juga tapi ada sedikit penambahan di komposisi bahannya, menyesuaikan dengan selera lidah saya hehe.



HOMEMADE MAYONAISE

Bahan:
2 butir kuning telur
1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
250ml minyak goreng (saya pakai sunco, lebih bening minyaknya)
1/2sdt garam
1sdm susu kental manis (tambahan dari saya)
1sdm air panas (tambahan dari saya)
1/4 sdt merica bubuk

Cara:
Mixer kuning telur dan air jeruk nipis dengan kecepatan rendah sampai lembut dan berbusa.
(ini yg perlu di perhatikan betul, karena kalau terburu-buru, telurnya tidak bisa mengembang lembut dan berbusa. Kalau tidak, mayonaisenya tidak akan jadi).
Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil terus di mixer (tetep kecepatan rendah). Lakukan sampai minyak habis.
Masukkan garam dan merica bubuk. Aduk rata. Matikan mixer. Cicipi.
Bila suka agak manis, tambahkan susu kental manis.
Bila ingin warnanya lebih pucat, tambahkan air panas.
Siap digunakan.

Dan info saja, sebaiknya bikin mayonaise untuk saat itu juga, karena ini tanpa bahan pengawet. Jika ada sisa segera masukkan ke dalam wadah yg bersih dan masukkan kulkas. Tapi tentunya tidak bisa bertahan lama seperti produk kemasan pabrik ya.. ^^

Selamat mencobaaaa ^^

No comments:

Post a Comment