Sunday, June 12, 2016

ES CAMPUR-CAMPUR

Judulnya aja udah es campur campur ya.. so pasti isinya pun campur-campur :D. Sesuai apa yang ada di kulkas aja deh hihi, terserah pula mau diisi apa'an. Kalau es campur aslinya kan pakai santan, ini sih cuma pakai susu kental manis aja hihi. Pakai susu evaporasi sebenernya lebih gurih, tp lagi gak punya :). Intinya sih, apapun bisa di kolaborasikan *duh bahasanya :D* dan di gunakan untuk makanan/minuman sesuai yang kita mau :)
Nah untuk minuman ini, seger banget buat buka puasa. Gak hanya pas puasa aja sih sebenernya bikin minuman ini, setiap saat kalau pengen ya bikin aja :) 

ES CAMPUR-CAMPUR
by: Puji Rahayu W.

Bahan:
Sagu mutiara
Cincau hitam
Manisan kolang kaling
Nata de coco
Jeli kemasan
Durian beku *inih niihh yang bikin mantab :D*
Susu kental manis putih
Es batu

Cara membuat:
1. Sagu mutiara: sesuai dengan aturan yang ada di balik kemasan ya hihi.. Sagu mutiara di masukkan dalam air mendidih, matikan api, biarkan 30 menit, rebus kembali selama 20-30 menit bersama daun pandan. Biarkan sampai bening *putih-putih di dalam sudah gak ada lagi*, siram dengan air es biar gak menggumpal. Taruh dalam wadah kedap udara, simpan dikulkas, sewaktu pengen bikin es tinggal sendok aja seperlunya :)
2. Cincau hitam, beli aja banyak di pasar, tinggal potong kotak kecil kecil :D
3. Manisan kolang kaling: rebus 150 ml air dengan 75 gr gula, sedikit garam, 3 cm kayu manis dan 1 lembar daun pandan sampai mendidih, masukkan 250 gr kolang kaling yang udah di cuci dengan air cucian beras, biar ilang bau kecutnya. Masak sampai air agak menyusut dan kolang kaling berasa manis. Beri pewarna jika mau. Diinapkan semalam dan masukkan dalam jar kaca bersih, masukkan kulkas, enaaakkk.. :)
4. Nata de coco dan jeli kemasan banyaaakk di pasar ya hihi
5. Durian beku, banyak juga di jual hihi, kalau gak ada ya bisa di skip :)
6. Susu kental manis, suka suka mau berapa banyak, tergantung selera masing-masing ;)
7. Es batu, bikin dewe ya.. pakai air mateng :)
8. Monggo dicampur semua jadi satuuu, aduk aduk, taruh dalam gelas/mangkok dan siap di hidangkan sebagai pembuka puasa Anda.. :)

Segeeeeerrrr... :) 
Mau bikin juga? ayoh mariii, mudah bin gampil bikinnya.. :)

No comments:

Post a Comment