Friday, May 27, 2016

BOLEN PISANG COKELAT

Ikutan meramaikan perbolenan ya haha.. Tapiii sebenernya ini bikin udah lama, ntah sebulanan yang lalu mungkin *nyengir*. Karena ada sisa pastry buat soup cream dan ada pisang tanduk yang sudah matang banget. Bikinlah si bolen ini. Dan apa akibatnya sekarang? Iyaahh, sekarang saya pingin bolen lagi :p, cuma bisa liatin potonya doang.. dududuuuhh.. Bikin lagi? Bentaarr, ngumpulin mood dulu buat nggiles pastrynya hihi.

Resep pastrynya sekarang banyaaakkk beredar baik di google, grup masak, website, pinterest dan obrolan sesama teman. Ada yang pakai korvets atau margarin buat pastry atau malah tanpa korvets yang katanya gilesnya gak perlu tenaga lebih hihi. Lebih enteng maksutnya. Tapi saya entah masih sreg sama resep yang pernah saya posting, pakai korvets, hasilnya lebih kress kreess, lebih renyah. Walaupun yang bagian dalam tetep moist karena kena karamelnya si pisang dan melelehnya meses/cokelat. Terserah ya mau resep yang mana.. :)



Untuk resep pastry ala nandangwuyung ada disini resepnya (monggo diklik ya). Tidak hanya bisa di gunakan untuk bolen pisang, tapi juga bisa buat puff pastry stik, cheese stik, soup cream, grem kacang (kue jaman jadul tapi endeessss), dll deh yaahh pokoknya pakai pastry :)


Terussss, pisangnya ada yang bilang di kukus atau di pan dulu pakai margarin, ada yang langsung aja, ada yang di celup ke butter cair. Aaahhh kalau saya ini mah langsung aja pisangnya, soale pisangnya sudah terlalu matang hihi, kalau di bake pasti di pastikan keluar gula-gula karamel yang enyaaakkk.. hihi. Ditambah lagi meses juga di dalamnya, jadi pas mateng meleleeehhh.. 


Kreesss kreesss, renyah di luar, moist di dalam.. wenaakkk.. Ini saya ngovennya, di loyang di oles margarin tipis tipis dan agak berjarak, jadi satu sama lain gak nempel, pinggir-pinggirnya jadi renyah juga. Kalau mau mau mirip bolen bandung yang pinggirannya juga moist, naruhnya di loyang dempet-dempet aja. Yaahh, tergantung sukanya yang mana.. Ok? :)

Oia, satu lagi ya.. Olesannya kuning telurnya? Pakai kuning telur dan susu cair aja. Dioles kalau udah setengah matang, trus taburi meses/keju parut diatas. Jadi atasnya gak terlalu kecokelatan. Oke siipp? Apalagi? Ada pertanyaan lagi, monggo tulis di kolom komentar ya.. :)

Akilla aja doyan makan bolen, sampe mangap ombo karena saya bikinnya lumayan besar haha

Oooohh iya, masalah food photographynya, ini saya moto sore, dimeja kayu cokelat, mepet tembok, sebelah kanan di beri papan cokelat juga, cahaya dari sebelah kiri, dari pintu terbuka. Rumah saya ngadep ke barat, jd kalau sore cahayanya agak kejinggaan :) Motonya dari depan pintu, menghadap papan cokelat. Okeh, semoga dapat di mengerti, krn gak ambil behind the scene nya hihi. Kalau kurang jelas ayok mari belajar moto bareng di rumah, teks me yeess.. ;)

No comments:

Post a Comment