Tuesday, April 16, 2013

PEPES ULEG BUMBU KACANG

Terus terang saya tidak pernah bikin pepes ikan. Kalau pengen, saya beli mateng. Bukan karena saya malas bikin, tp karena saya gak tau apa bumbunya.. *nyengir :D
Akhirnya bondo nekat, ada ikan cakalan kok menggoda sekali, gedhe-gedhe.. hehe

Kalau saya masak pepes modelnya begini. Ikannya di uleg dengan bumbu. Menurut lidah saya dan suami sih enak.. Tp kembali ke selera masing-masing :D
Bumbunya ngawur, hasil mereka-reka pepes yg pernah aku makan. Kalau tambahan kacang, biar makin gurih aja.. haha

PEPES ULEG BUMBU KACANG

Bahan:
1/2 bagian ikan cakalang (kira-kira 250gr)
1 ikat kemangi
5butir bawang merah
3butir bawang putih
2buah cabe merah
segenggam kacang
1lembar daun jeruk purut
100ml Santan kental
1 sdt Garam dan sedikit Gula

Cara:
- Goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah, kacang tanah sampai mateng.
- Uleg daun jeruk purut dan  bumbu yg sudah di goreng.
- Masukkan ikan, uleg campur dengan bumbu.
- Masukkan kemangi, santan, garam dan gula. Cicipi.
- Bungkus dengan daun pisang. Kukus kira-kira 15 menit.
- Bila suka, bisa di bakar. Aromanya makin enak :D

Selamat mencobaaaa ^^

No comments:

Post a Comment