Tuesday, February 2, 2016

BICA BLANCA, SI PUTIH HARUM CINNAMON

Sebelumnya, selamat ulang tahun ke-5 thn LBT, Let's Baking Together. Salah satu grup baking di facebook yang sampai saat ini alhamdulillah adem ayem hihi. Makin sukses, makin solid, panjang umur, jayalah selaluuuu!

Nah berhubungan dengan ulang tahun LBT, kali ini para host bikin PR dengan tema bica blanca. Salah satu cake lembut tipe white cake yang berasal dari negara Spanyol. Resep yang saya gunakan ini menggunakan resepnya mba Vivi Nowotny, salah satu host LBT juga :) Thanks resepnya ya mbak ;)

Seperti biasa, saya kalau berhubungan dengan white cake atau kue yang di bikin dari putih telur, selalu berasa tuh putih telur. Biar kata orang enak, enggak berasa putih telur, lidah saya tidak dapat di bohongi (atau mungkin karena sudah tersugesti ya hihi). Akan berasa "hilang" bau putih telurnya jika di dalam olahan tersebut ada bubuk cokelatnya. Sedikit menyamarkan bau si putih telur. Nah, masalah baru timbul dalam bikin bica blanca ini. Kalau cakenya di campur cokelat, gak cantik tuh cake karena atasnya di taburi kayumanis bubuk yang warnanya juga cokelat. Padahal ya, banyak juga yang komen kalau bica blanca ini dominan rasa whip cream. Aahh.. makin galau hihi.  Hmmm.. Sampai akhirnya setor di ujung waktu begini gara-gara mikir haha. Dan akhirnya kecrotin saja pakai air jeruk lemon yang kebetulan ada di kulkas. Pasti akan seger aroma dan rasanya :)
BICA BLANCA
by: Puji Rahayu W.
original recipe from Vivi Nowotny

Bahan:
6 butir putih telur
1/4 sdt garam
325 gr gula (saya pakai 300 gr)
1 sdm air jeruk lemon 
250 gr tepung terigu protein sedang (saya pakai protein rendah, kunci biru), ayak
250 ml whiped cream (saya pakai 90 gr whip cream bubuk tambahkan air sampai jumlahnya 250 ml - ditimbang dan diukur pakai gelas ukur)
1/2 sdt cokelat bubuk + 1/2 sdt cinnamon powder

Cara membuat:
Mixer putih telur dengan garam, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sampai adonan stiff peak, masukkan air jeruk lemon. Aduk rata.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
Diwadah lain, mixer whip cream sampai lembut.
Masukkan ke dalam adonan putih telur, aduk sampai tercampur rata.
Tuang dalam loyang yang dialasi kertas roti.
Taburi dengan campuran cokelat bubuk dan cinnamon powder.
Oven selama 30 menit dengan suhu 180C.
Angkat, potong-potong dan siap di sajikan.

Rasanya gimana? bener sih berasa whip creamnya, tapi dengan campuran air jeruk lemon, makin mantaabb!Teksturnya? Gak di ragukan lagi kelembutannya. Wangi lemon dan cinnamon widiiwww, jooss! Oia sama satu lagi, setiap kali nyoba resep luar entah kenapa menurut saya rasanya lebih manis dari perkiraan saya. Begitu juga bica blanca ini, gula sudah saya kurangi jadi 300 gr, tp menurut saya masih terlalu manis. Ya yaa.. kembali ke selera masing-masing ya.. ;) 
Over all, enaaakkk!

Baiklah, sekian laporan PR saya ya ibu-ibu host LBT, semoga dapat di terima dengan baik. Sukses buat LBT!

2 comments:

  1. Kita kan pake gulanya sedikit karena kita udah manis Mba Puji. Jadi ga perlu pake gula banyak-banyak. Beda sama orang luar yang gulanya bejibun gitu.
    Saya bikin si bika cuma pake 200 gram gula pasir. Itu pun masih manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Iya ya kita udah manis..
      Tapi katanya emang gula pasir di luar negeri sono tidak semanis gula pasir dalam negeri mba Rik. Tapi juga katanya sih hihi..

      Delete