Monday, October 7, 2013

Potato Bread

Sudah lama gak ngeroti. Ngiler juga liat postingan temen-temen tentang rerotian. Pengen banget bikin roti yg empuuukkk. Yg pernah saya buat yang rasanya lumayan empuk itu dengan metode wather roux dan di campur sama kentang tapi itu resep donat.
Seperti biasa, saya paling malas untuk menguleni roti, secara hanya modal LG Lengan Gedhe, pegel eiy hihihi. Dan lagi-lagi metode di balik andalan saya, gak bikin pegel, lumayan enteng nguleninnya. Tinggal campur aja bahan-bahan basah, baru dimasukkan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket di tangan dan diuleni sampai kalis.


Sebeneranya lebih ngirit pakai metode water roux ya, tp karena ada kentang di bawain mertua, dari pada ntar di makan ulet kalau gak cepet-cepet di olah, mending di makan sayah aja yaa! :))
Jadi, roti kali ini bikin dengan campuran kentang. Namun, biasanya ngalusin kentang pakai mini chopper, tp tadi hanya pakai tangan. Kenapa? Akilla lagi bobok, hehe.. takut kebangun gara-gara denger suaranya. Alhasil, hasilnya kurang halus, masih brigindil, aduh apa sih bahasa indonesianya, intinya masih ada sebagian kentang belum halus. Gak papa lah, biar ketahuan juga kalau di campur kentang. haha

POTATO BREAD
by. Puji Rahayu W.

Biang:

50ml air hangat
3sdt ragi instan
1sdm gula pasir

Campur semua jadi satu, tunggu sekitar 15 menit, sambil menyiapkan bahan-bahan yang lain.

Bahan:

200ml susu cair
75gr gula pasir
75gr margarin
1/2sdt garam
2 butir kuning telur
250gr kentang kukus halus
520gr tepung terigu protein tinggi

Cara:Campur biang, susu cair, gula pasir, margarine, garam, kuning telur dan kentang kukus, aduk pakai wisk aja sampai tercampur rata.
Masukkan tepung sedikit demi sedikit, sambil diuleni. Hentikan penambahan tepung jika adonan sudah tidak lengket di tangan. Uleni sampai kalis, bulatkan. Tutup dengan serbet lembab (yang bersih tapi yaa hehe)
Diamkan 45menit.


  • Setelah 45menit, adonan mengembang sekitar 2kali adonan awal,
  • Bagi menjadi beberapa bulatan, saya bagi masing-masing 30gr, jadi 32buah. Diamkan lagi 15menit.
  • Beri isian/filling, dan susun di atas loyang. Bisa dibuat roti bantal atau bentuk yang lain. Saya berburu waktu, keburu Akilla 'menyanyi', jadi 24 buah di bikin roti bantal dengan 2 loyang brownies masing-masing filling selai cokelat kacang ala nuttela (di foto yg toppingnya polos) dan filling durian beli di TBK (di foto yg ada topping menyilang).
    Sisanya saya bikin cutterpilar (pakai sosis), sayang gak kepoto, keburu di comot emplok
    Diamkan lagi 30menit.
Olesan: (campur rata)
1butir kuning telur
2sdm susu cair.

Oles dengan bahan olesan.
Dengan oven yg sudah di panaskan, panggang roti 20menit atau sampai matang, atasnya berubah kuning kecoklatan.
Selagi panas, sapu dengan margarin agar permukaannya mengkilat cantik dan lembab :)
  • Ini tekstur rotinya,

Beneran lembut, empuk, mengembang bagus..
Apalagi pas di gigit bareng selai cokelat kacang atau filling durian.. lumeerr deh di mulut..

Kebayar sudah saya pengenku.. ^^

No comments:

Post a Comment