Friday, November 13, 2015

SKILLET BROWNIES

*abaikan gosong sebelah :D*
Masih setia pakai resep triple choco brownies. Entahlah saya sudah jatuh cinta sama resep tersebut. Pas gitu rasa legitnya. Pakai gula palem itu sih hihi. Tinggal diganti-ganti aja toppingnya apa. Udah lama juga gak ngebaking dan gak ngebrownies. Jadi kemaren bikin lama beneeerr.. Masih cari contekan resep, nyari cokelat dimana, nyari gula palem dimana.. haha.. Lupa ciiinn.. Gitu nimbang ya sek bingung aja. Belum lagi ditengah perjalanan nimbang bahan, perut keroncongan. Di pause deh kegiatan bakingnya. Nah ini penting bagi yang mau baking, makan dulu sebelum baking! haha.. Dan saat selesai makan, mbalik dapur di kejutkan dengan sebutir telur ngglundung jatuh tanpa dosa hiks. Kurang hati-hati sih saya naruhnya *sudah keburu laper sih :D*
Setelah selesai sesi prepape, lanjut ngemixer, rebutan lah sama si Akilla haha.. Si Akilla maunya bantuin mamanya baking ;) Belum lagi saat memberikan topping pakai kitkat, masih di minta jatah tuh si Akilla. 1 pack, isi 4 bar, yang 1 bar di embat Akilla hihi. Ya wes lah.. Masih juga beberapa menit dalam oven sudah bolak balik tanya, "sudah mateng kuenya ma?" hhmmm.. Dan saat sudah matang, emaknya yang malah ngelarang motong sebelum di foto hahaha.. Dan Akillapun sudah semakin hafal kebiasaan emaknya. Saat prepare poto, Akilla udah otong-otong kamera. Duuhh, semoga gak jatuh, doaku :D. Dan lagi-lagi kali ini rebutan mau moto haha.. Okeh, jepretan pertama di lakukan Akilla. Hasilnya? ya begitu deh.. haha.. Setelah itu giliran emaknya. Setelah beberapa kali jepret, Akilla mbalik lagi ke dapur, "sudah selesai ma motonya?". Haduuhh.. Ya sudah sepotong tuh buat Akilla. Eh ternyata pengen ngambilin kitkatnya aja *tepok jidat dah*. "enak ma, kriuk kriuk" hihi. Jadiii setelah sesi poto selesai browniesku tidak mulus lagi, di ambilin kitkatnya.. Besok-besok gak usah bikin brownies deh, beli kitkatnya aja langsung dimakan. hahaha

shinny crustnya muncul cakeepp :)
Untuk resep bisa klik link disini ya. Sama persis, cuma gula pasirnya saya kurangi jadi 125 gr. Kalau suka masih 150gr sih gpp. Skip baking soda, cuma baking powder 1/4 sdt saja. Skip chocochip juga. Dan saya pakai skillet, si wajan hitam :D. Cuma dioles aja pakai minyak gak pakai dialasi kertas roti segala. Lebih praktis! Ini saya oven selama 10 menit pertama di rak paling atas, api besar, jadi panaaass ya.. Trus 8 menit selanjutnya saya oven di rak tengah dengan api agak kecil. Hasilnya pinggirnya sudah agak kering. Jadi saya angkat. Jadi total 18 menit. Kalau dalamnya mau agak lembek, mungkin 15 menit sudah bisa diangkat.

Luarnya kering tp dalamnya masih moist, beneran! :D
Kitkatnya enak, renyaahh..
Shinny crust, kutidak bisa berpaling darimu :p
Lembuutt, moisstt!

wes ndang di emplok, ojo di pota poto ae :))
Saya ini pakai resep 3 butir telur, sebenernya pas untuk 2 loyang 20x10 cm. Tapi saya disini pakai 1 skillet 18 cm dan 1 loyang 30x10 cm. 
Disini yang bisa di garis bawahi adalah pemakaian skillet. Karena skillet ini panasnya merata dan tebal, jadi penyimpanan panasnya baik, cepet matengnya, makanya brownies ini matang hanya dalam waktu 18 menit saja. Sedangkan yang pakai loyang 30x10 cm, saya beri topping keju (saya posting terpisah ya, belum diedit potonya haha), saya angkat dari oven di menit ke 33, tengahnya masih ada bagian yang lumeeerr.. And i love it hihi. Mungkin matang seluruhnya di menit ke 40. 40 menit gitu ciiinnn, seperti rata-rata baking brownies pada umumnya ;). Jadi loyang biasa dan skillet beda ya.. :)
Makin sukaaaa deh sama skillet.. Iriiittt waktu dan iriiittt gas haha.. *jadi pengen beli lagi* eeehhh :p

Monggo deh mari ngebrownies ;)

2 comments:

  1. Beli dimana mba skilletnya? Jadi kepengen punya juga. *ehhh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ini beli online di dapur hangus mba Rika. Tp ternyata di toeng market malang sini ada hehe. Malah gak hanya skillet wajan begini, yg model panci, panggangan juga ada.. ;)

      Delete